Soal Sumbangan ASN untuk Bantu Warga Terdampak Covid-19, Pemko Pekanbaru Lagi Krisis Keuangan

Senin, 26 Juli 2021 18:30
Soal Sumbangan ASN untuk Bantu Warga Terdampak Covid-19, Pemko Pekanbaru Lagi Krisis Keuangan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Dengan Walikota Pekanbaru mengeluarkan surat himbauan agar ASN ikut menyumbang, DPRD Kota Pekanbaru tidak menapik bahwa Pemko Pekanbaru saat ini tengah dihadapakan pada krisis anggaran.  

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani mengungkapkan bahwa dari sisi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pekanbaru mengalami penurunan yang signifikan, bahkan ketika pandemi belum melanda PAD Pekanbaru PAD juga tidak mencapai target.

“Ini (Covid-19) juga berdampak sangat signifikan bagi keuangan Kota Pekanbaru, ditambah lagi dengan adanya beberapa kali terjadinya refocusing di tahun 2020 sebanyak 7 kali untuk Covid-19,” tutupnya.

Sebelumnya, Walikota Pekanbaru, Firdaus mengeluarkan Edaran yang meminta kepada setiap ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru memberikan sumbangan untuk membantu warga di tengah pemberlakukan PPKM Level 4. PPKM Level 4 mulai berlaku hari ini, Senin 26 Juli 2021, hingga 8 Agustus 2021.

Baca: Perangkat Daerah Diminta Kelola Wakaf, Wagubri: Bebaskan Orang yang Terlilit Utang

Dalam Edaran nomor 800 / BKSDM/ 4321 /2021, yang ditandatangani oleh Firdaus itu menyebut sumbangan yang dikumpulkan dari gaji ASN akan diberikan untuk warga terdampak PPKM Level 4. 

Pada surat itu tertulis agar Seluruh Kepala Perangkat Daerah mengkoordinir seluruh Aparatur Sipil Negeri (ASN) di lingkungan perangkat daerahnya dalam Gerakan ASN Pekanbaru Peduli dengan cara menyumbangkan sebagian dari gajinya untuk masyarakat terdampak kebijakan PPKM Level IV.

Di poin kedua, seluruh Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Pekanbaru mengkoordinir seluruh Pegawai di lingkungan kerjanya untuk berpartisipasi menyumbangkan sebagian dari gajinya untuk masyarakat terdampak kebijakan PPKM Level IV.

Pengumpulan sumbangan penanggulangan penyebaran Virus Corona ini paling lambat diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru pada hari Rabu, tanggal 28 Juli 2021.

Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Pekanbaru, pihak kepolisian akan menjaga 5 titik lokasi yang tersebar di ruas jalan protokol Kota Pekanbaru. Pada titik ini, setiap yang melintas wajib uji swab dan menunjukkan bukti telah vaksinasi.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengklaim bahwa edaran terkait agar ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru menyumbang untuk membantu warga terdampak covid-19, tidak lain hanya sebagai bentuk kepedulian sosial.

“Kami cuma mengimbau agar ASN bisa menyisihkan sedikit, untuk disalurkan kepada warga terdampak Covid-19 di Pekanbaru,” kata Firdaus kepada Bertuahpos.com, Senin, 26 Juli 2021.

Dia mengatakan untuk mekanismenya, nantinya dana sumbangan akan ada yang mengkoordinir. Sayangnya, Firdaus tidak menjawab terkait apakah relokasi dan refocusing anggaran yang sebelumnya dilakukan tidak maksimal untuk membantu warga terdampak covid-19.

Hanya saja dia menegaskan bahwa sumbangan tersebut bersifat sukarela. Menurutnya, sekecil apapun bantuan yang disisihkan diharapkan bisa memberikan manfaat terhadap warga terdampak covid-19. “Kita susah, saudara kita ada yang lebih susah lagi,” tuturnya. (bpc2)