Sialang Itu Bukan Spesies Pohon, Tapi Rumah Para Lebah dan Harta Karun Alam

Minggu, 26 Desember 2021 10:04
Sialang Itu Bukan Spesies Pohon, Tapi Rumah Para Lebah dan Harta Karun Alam
Pohon sialang, rumah bagi para lebah untuk membuat sarang.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pohon sialang, harta karun yang tak ternilai. Sebatang siang mampu memberikan banyak kehidupan, tidak hanya bagi satwa, tapi juga bagi manusia, mengingat ada banyak yang menggantungkan periuk nasi mereka pada pohon ini.

Riau, salah satu Provinsi penghasil madu terbesar di Indonesia, menurut sebuah studi tahun 2008/2009, jumlah produksi madu hutan di provinsi Riau menjadi yang tertinggi jika dibandingkan dengan provinsi Nusa Tenggara Barat. Nilainya dapat mencapai hampir 400 ton/tahun.

“Pohon sialang sendiri bukan merupakan nama spesies pohon, melainkan sebutan bagi pohon yang biasanya berukuran tinggi dan besar yang dihuni atau pernah ditinggali oleh lebah hutan,” tulis Avri Priadi, Peneliti Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan, Badan Litbang dan Inovasi, KLHK—artikel berjudul: Menjaga Hutan demi Lestarinya Lebah Sialang yang terbit di situs Kabar Alam, 25 Desember 2021.

Ciri-ciri pohon sialang mudah ditebak, paling tinggi dan paling besar dibanding pohon-pohon di sekitarnya, dahan tidak terlalu rimbun. Hal ini memungkinkan penetrasi cahaya matahari, dan memiliki dahan dengan sudut yang cenderung datar. 

Baca: Zulkifli, Lurah Maharini, Pekanbaru Didakwa Tipu Kontraktor Rp1,3 Miliar

Berdasarkan hasil inventarisasi, sedikitnya terdapat 50 jenis pohon sialang di Provinsi Riau dan pohon Makeluang—merupakan jenis pohon terbanyak yang dihuni oleh lebah hutan. 

Di Malaysia, pohon sialang disebut sebagai pohon Tualang dan masih banyak penamaan lainnya di provinsi lain. Sedangkan untuk lebahnya sendiri, masyarakat Riau lebih mengenalnya sebagai lebah sialang.

Menurut WWF (2004) dalam Mujid (2010), Sialang adalah jenis pohon yang besar dan tinggi batangnya, garis tengah batang pohonnya bisa mencapai 100 cm atau lebih, dan tingginya bisa mencapai 26 sampai 30 meter. 

Lebah-lebah membangun sarangnya di dahan-dahan pohon itu. Satu pohon bisa berisi sampai 50 sarang bisa berisi sampai kira-kira 10 kilogram madu asli alami.

Di Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, Pelalawan, Riau, ada sebuah kawasan hutan yang berisi kepungan pohon sialang milik warga di desa itu.  Ada berbagai jenis pohon sialang di kawasan ini. Adapun jenis pohon sialang tersebut antara lain: sulur batang, rumah keluang, cempedak air. 

Namun, tidak hanya itu, jenis pohon-pohon lain seperti; kedundung, kempas dan rengas, benuwang, pohon tualang, jenis kedundung, batu, balau, kruing, ara atau jenis pohon yang menjadi rumah bagi lebah untuk membuat sarang.

Satu dahan bisa ditempati 20 sarang lebah. Pada satu pohon kadang bisa ditemukan 100-200 sarang dan menghasilkan 50 kg madu hutan. Biasanya, lebah hutan memilih cabang yang terbuka, bebas dedaunan, di daerah atasan pohon, tinggi dan besar.

Pada tahun 2021, Lembaga Adat Melayu Riau (LAM) Riau Kabupaten Pelalawan menerbitkan Fatwa Adat Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pelestarian Pohon Sialang dan Rimba Kepungan Sialang.

Fatwa menyebut Rimba Kepungan Sialang atau Kepungan Sialang adalah suatu kawasan hutan yang berisikan satu atau lebih jenis kayu Sialang atau kayu-kayu yang dihinggapi oleh lebah secara permanen serta dijadikan tempat bersarang dan memproduksi madu.

Pohon Sialang dan Rimba Kepungan Sialang wajib dijaga secara baik karena memiliki posisi penting, selain sebagai sumber ekonomi dan penghidupan, juga merupakan aset penting yang menjadi simbol tuah, marwah dan kebesaran adat pemiliknya secara turun-temurun dan juga merupakan bagian dari khazanah peradaban masyarakat adat Kabupaten Pelalawan secara keseluruhan.

Berita Terkini

Sabtu, 29 Januari 2022 08:36

Viral Video Anak-anak Bahagia Main Lempar Bola Salju di Kompleks Mesjid Al Aqsa Kota Gaza

Beberapa waktu lalu viral video anak-anak bermain di Kompleks Mesjid Al Agsa di Gaza

Sabtu, 29 Januari 2022 07:18

Khawatir Muncul Stigma Buruk, PBNU Minta Kepala BNPT Buka Identitas Pesantren Terafiliasi Kelompok Teroris Hingga Simpatisan ISIS

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendesak BNPT membuka identitas 198 pondok pesantren yang diduga terafiliasi kelompok teroris

Sabtu, 29 Januari 2022 06:10

Arini Subianto Janda Terkaya di Indonesia, Ini Sumber Kekayaannya

Arini Saraswati Subianto merupakan satu di antara perempuan terkaya di Indonesia. Harta kekayaan mencapai triliunan Rupiah

Sabtu, 29 Januari 2022 04:09

A Sampai Z Dayana Kazakhstan, Selebgram Dadakan Hingga Diserang Haters dan Akun IG Mendadak Lenyap Saat Kerusuhan Berdarah

Dayana Kazakhstan tersandung masalah. Gadis cantik Kazakhstan itu diserang haters hingga berbuntut gerakan unfollow

Sabtu, 29 Januari 2022 03:32

Andika Kangen Band Kompak Bersama Anaknya, Netizen: Dia Mungkin Gagal Jadi Suami, Tetapi Tidak Gagal Sebagai Ayah

Andika Mahesa mengunggah momen kebersamaan dirinya dengan anak perempuannya, Kirana

Sabtu, 29 Januari 2022 02:07

Wacana Efisiensi Tenaga Honorer, BKD Sebuat Tergantung OPD Masing-masing

Tenaga honorer di pemerintahaan dihapuskan. Ini masih sebatas rencana. Realisasinya di tahun 2023.

Sabtu, 29 Januari 2022 01:02

Punya Budget Rp3 Jutaan, Ini Daftar HP Samsung yang Dilengkapi Fitur NFC

HP Samsung dilengkapi fitur NFC muncul di berbagai segmen. Mulai entry level hingga flagship.

Sabtu, 29 Januari 2022 00:03

HIPMI Minta Pemerintah Kendalikan Impor Baja di Tengah Industri Domestik Perbaiki Kinerja

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) minta pemerintah kendalikan laju impor baja, serta mempertegas kebijakan terkait itu.

Jumat, 28 Januari 2022 23:31

Seorang Lansia di Jepang Tembak 2 Orang Petugas Medis yang Disandera, Begini Kronologinya

Dua dari tiga orang sandera yang merupakan petugas medis tewas. Ketiganya menjadi sandera oleh seorang pria lanjut usia (lansia) di Kota Fujimino

Jumat, 28 Januari 2022 21:55

Pengusaha dari Bali Laporkan Istri ke Polisi, Dugaan Selingkuh Dengan Pria Lain di Medan

seorang pengusaha dari Bali membuat laporan ke Polrestabes Medan, Sumatera Utara (Sumut). Pengusaha itu melaporkan istrinya sendiri