Riau Terancam Kabut Asap, Ini Tips Berkendara dengan Aman

Selasa, 15 Juni 2021 06:42
Riau Terancam Kabut Asap, Ini Tips Berkendara dengan Aman

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Saat ini, Riau kembali terancam oleh kabut asap akibat karhutla. Jika lengah sedikit saja, maka kabut asap bisa kembali menghantui Riau.

Lalu, ada sebuah pertanyaan. Bagaimana tips yang aman berkendara di tengah kabut asap?

Dikutip dari Motor Plus, Head Of Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Agus Sani memberikan tips aman berkendara motor di tengah kabut asap.

Pertama, kata Agus, adalah perlengkapan standar riding seperti sepatu yang nyaman, sarung tangan, kacamata, dan plus masker.

Baca: Pekanbaru Kembali Dapatkan 40 Ribu Dosis Vaksin

“Pertama selain menggunakan riding gear yang lengkap dan aman, gunakan pula masker untuk menutup hidung kita agar asap yang ada di jalan dapat tersaring sehingga perjalanan kita tidak terganggu karena asap tersebut,” jelas Agus.

BACA JUGA:  1,2 Juta Ha Gambut Serta 21 Ribu Ha Mangrove di Riau Jadi Target restorasi dan Rehabilitasi

Kemudian, Agus menyarankan jangan melaju dengan kecepatan tinggi, karena jarak pandang yang terbatas. Selalu fokus, dan tidak memaksakan diri.

Bahkan, Agus menyarankan jangan ragu untuk berhenti, jika jarak pandang dirasa semakin terbatas.

“Selalu fokus melihat ke depan agar kita lebih cepat mengambil keputusan jika terjadi sesuatu yg mendadak, gunakan lampu sein kiri dan berjalan di sebelah kiri,” tambah dia.

Terakhir, Agus menyarankan agar menggunakan lampu bohlam dengan cahaya kuning. Lampu kuning ini lebih mudah terlihat di dalam kabut.

Namun, jika menggunakan motor dengan lampu LED, Agus mengatakan tidak masalah, asalkan tetap berhati-hati.

“Untuk motor yang menggunakan lampu LED putih dari pabrikan tidak masalah tetap berkendara seperti biasa, yang penting tetap waspada dan tidak berkendara dengan kecepatan tinggi,” pungkas dia.

BACA JUGA:  Kepala BPBD Riau: Sudah Ada 3 Daerah yang Banjir

Wah, semoga kabut asap tidak terjadi lagi di Riau ya, bertuah people. (bpc4)