Potensi Kepunahan Mamalia di Indonesia Belum Separah Badak Putih Utara Afrika

Jumat, 11 Juni 2021 17:30
Potensi Kepunahan Mamalia di Indonesia Belum Separah Badak Putih Utara Afrika
Orang Utan Kalimantan. (Pixabay)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Potensi kepunahan mamalia di Indonesia masih jauh jika dibandingkan dengan Badak Putih, Utara Afrika, yang hanya tinggal 2 ekor betina tersisa.

Potensi kepunahan terhadap populasi Badak Putih Utara Afrika benar – benar mengkhawatirkan. 

Advertisement

Namun kondisi di Indonesia belum separah itu, menurut peneliti Zoologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Taufik Purnanugraha 

“Di Indonesia, hewan dilindungi dan terancam punah masih memiliki populasi lebih banyak jika dibandingkan dengan Badan Putih Utara Afrika. Jadi terbilang masih banyak,” tuturnya.

Baca: Soal Kerumunan di Asia Heritage, Polda Riau Mulai Minta Keterangan Pelapor

Dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat, 11 Juni 2021, Taufik menuturkan, Indonesia saat ini beruntung karena masih memiliki beberapa jenis hewan ikonik. Hanya saja yang perlu menjadi perhatian, statusnya berada dalam ancaman kepunahan. 

Seperti Harimau Sumatera, Jalak Bali, Orang Utan, Badak Sumatera, Badak Jawa dan Komodo. Beberapa hewan itu sudah masuk dalam 25 jenis hewan prioritas dilindungi yang terancam punah sejak tahun 2015. 

Dari 25 jenis yang disebut, ada sekitar 40 turunan spesies yang dilindungi yang kemudian dilakukan monitoring, sebagaimana tertuang dalam peraturan yang dikeluarkan Kemen LHK. (bpc2)