Pengamat Sebut Satgas Covid-19 Pekanbaru Perlu Diawasi

Rabu, 23 Juni 2021 15:24
Pengamat Sebut Satgas Covid-19 Pekanbaru Perlu Diawasi
Penertiban protokol kesehatan. (Ilustrasi/istimewa)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pengamat kebijakan publik dari Universitas Muhammadiyah Riau Aidil Haris mendorong masyarakat ikut melakukan pengawasan ketat terhadap kinerja Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pekanbaru. 

Pengawasan itu perlu, mengingat munculnya sikap ‘ketidakadilan’ dalam upaya penanganan covid-19 di Ibu Kota Provinsi Riau ini.

“Terutama dalam soal pemberian sanksi protokol kesehatan yang seharusnya diberlakukan secara adil, pada bagian ini menurut saya perlu mendapat pengawasan yang ketat dari semua pihak,” ujarnya.

Aidil haris mengingatkan bahwa setiap kebijakan yang dikeluarkan, hendaknya diberlakukan secara adil dan umum.

Baca: Riau Catat Masih Ada 3.000 Nakes Belum Bisa Divaksinasi

 Hal ini menyusul beberapa kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi di Pekanbaru, terutama saat angka kasus positif corona tengah menanjak naik.

Penerapan kebijakan yang berlaku umum penting untuk jadi atensi, mengingat masyarakat tidak melulu menjadi sasaran aparat dalam disiplin protokol kesehatan. 

Menurutnya, jika kedapatan masyarakat yang berkerumun lalu dibubarkan dan diberi sanksi, hal yang sama seharusnya juga berlaku pada pelaku usaha skala besar (industri).

“Jadi menurut saya dalam upaya penanganan covid-19 ini, ya semuanya harus diperlakukan secara adil. Kita kesampingkan dulu lah apa kebijakannya. Yang jelas kalau kebijakan itu sudah diberlakukan, ya harus diberlakukan secara adil. Jangan dipilah – pilah,” tuturnya. (bpc2)

BACA JUGA:  DPRD Pekanbaru Minta Satgas  COVID-19 Kembali Razia Protokol Kesehatan

Saksikan juga tayangan video berikut ini: