Pengabdian Kukerta Desa Pekan Kamis Dalam Membangun Pondasi UMKM dan Industri Rumah Tangga

Kamis, 29 Juli 2021 16:03
Pengabdian Kukerta Desa Pekan Kamis Dalam Membangun Pondasi UMKM dan Industri Rumah Tangga

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kelompok Kukerta dari Universitas Riau (UNRI) yang mengabdikan diri di Desa Pekan Kamis, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir telah melakukan program kerja yang bertujuan untuk membantu kelompok UMKM dan Industri Rumah Tangga yang ada di Desa Pekan Kamis dimulai sejak hari pertama Kukerta yaitu pada Senin, 12 Juli 2021.

Kegiatan yang telah dilakukan adalah dengan membantu membuat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dan Nomor Izin Berusaha (NIB) yang dapat didaftarkan pada OSS.GO.ID. 

“Kami sebagai fasilitator kegiatan ini berharap dengan adanya Izin Usaha Mikro Kecil dan Nomor Izin Berusaha ini maka seluruh kelompok UMKM yang ada di Desa Pekan Kamis mendapatkan benefit berupa legalitas usaha, perlindungan hukum, mempermudah kerjasama dan relasi, menambah akses permodalan, serta pendampingan usaha. Hingga saat ini kami telah menyerahkan beberapa IUMK dan NIB kepada pelaku usaha yang ada di Desa Pekan Kamis,” Kata ketua Kukerta, Muhammad Wira Alyusra.

Delima dari Rt 03 Desa Pekan Kamis menjadi salah satu pelaku usaha rumahan yang menjadi mitra dalam pelaksanaan kegiatan ini. Dia mengatakan bahwa terbantu sekali dengan pembuatan IUMK dan NIB karena dari dulu kesulitan untuk meletakkan dagangan keripik dan kuenya ke pusat oleh-oleh karena tidak memiliki legalitas. 

Baca: Hardianto: Di Gerindra, Perjuangan untuk Prabowo Berasal dari Bawah

Selain pendampingan pembuatan IUMK dan NIB, Kelompok Kukerta Desa Pekan Kamis juga melakukan rebranding produk dengan berfokus pada pembuatan visualisasi iklan produk untuk promosi usaha dan pembuatan akun media sosial produk. Hal ini mengingat kondisi pandemi sehingga para pelaku usaha dituntut untuk melakukan inovasi dalam strategi marketing. 

Sakhia Afifah sebagai salah satu Humas Kukerta Desa Pekan Kamis mengatakan bahwa rebranding produk ini dilakukan untuk meningkatkan minat para pembeli dan menjadi strategi marketing baru dengan pemanfaatan media bagi para pelaku usaha Desa Pekan Kamis.

“Visualisasi iklan produk yang kami lakukan dengan membuat brosur produk dan logo produk yang dapat meningkatkan daya tarik bagi para konsumen nantinya. Kami berfokus kepada peningkatan mutu branding produk yang akan membantu pembangunan pondasi para pelaku usaha yang ada di Desa Pekan Kamis,” Ujar Sakhia. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 25 September 2021 19:22

Disepakati Keluarga, Tim SAR Hentikan Pencarian Nelayan yang Diseret Buaya di Rohil

Pencarian Nelayan Rohil

Sabtu, 25 September 2021 19:15

Fitra Riau Soroti Sistem Politik Anggaran Pemko Pekanbaru yang Tak Sehat

Politik Anggaran, Fitra Riau

Sabtu, 25 September 2021 17:16

Kisah Joel Morrison Temukan Benda Aneh di Makam Berusia 100 Tahun

Lifestyle, Mistis, Horor

Sabtu, 25 September 2021 16:48

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka?

Kartu Prakerja Gelombang 22

Sabtu, 25 September 2021 16:09

Video: Cerita Regi Faula Sari, Fisioterapi Tim Sepakbola PSPS Riau

PSPS Riau, Fisioterapi

Sabtu, 25 September 2021 15:12

Insiden di Lokasi IPAL, Ini Penjelasan Satker PUPR

IPAL Pekanbaru

Sabtu, 25 September 2021 14:16

Setahun Tol Permai Beroperasi, HK Catat 2 Juta Lebih Lalu Lintas Kendaraan

Setahun Tol Permai