Pekanbaru Targetkan PPKM Level 1, Protokol Kesehatan Kunci Utamanya

Jumat, 24 September 2021 10:22
Pekanbaru Targetkan PPKM Level 1, Protokol Kesehatan Kunci Utamanya

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemko Pekanbaru menargetkan Ibu Kota Provinsi Riau ini harus turun status PPKM dari Level 2 ke Level 1. Diketahui saat ini Pekanbaru berstatus PPKM Level 2 hingga 2 pekan ke depan.

“Dari indikator yang ada, kita (Pekanbaru) saat ini sudah mendekati syarat untuk PPKM Level 1,” kata Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Jumat, 24 September 2021.

Tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru juga memastikan bahwa tracing kontak erat terhadap orang – orang yang terkonfirmasi Covid-19 terus mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Baca: Pansus Konflik Lahan Perusahaan dan Masyarakat Segera Dibentuk, Bisa Berikan Rekomendasi Cabut HGU

Dengan demikian diharapkan, upaya untuk menekan angka kasus penyebaran Covid-19 di Pekanbaru berjalan maksimal sesuai harapan. 

“Sejumlah daerah di Pekanbaru bahkan sudah bisa meningkatkan tracing hingga 1:10 dari kontak erat orang yang terpapar Covid-19. Artinya, dari 1 pasien yang positif corona, maka akan 10 orang yang berkontak erat akan diperiksa,” kata Ketua Tim Tracing Covid-19 Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi.

Peningkatan jumlah tracing merupakan salah satu indikator dalam penerapan PPKM. Jika cara ini dilakukan maksimal sehingga menyebabkan angka kasus terkonfirmasi terus menurun, maka sangat mungkin bagi Kota Pekanbaru untuk turun level status PPKM.

“Idealnya memang 1:15. Kalau dulu, tracing kita cuma sampai 4 orang dari satu orang terpapar COVID-19. Alhamdulillah saat ini sudah PPKM Level 3, tapi kita ingin menuju PPKM level 2,” kata Ayat. (bpc2)