Minum Kopi dan Air Rebusan Jahe Bisa Atasi Sesak Nafas

Kamis, 14 Oktober 2021 13:52
Minum Kopi dan Air Rebusan Jahe Bisa Atasi Sesak Nafas
ilustrasi: pixabay

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Di tengah pandemi Covid-19, sesak nafas tetaplah menjadi hal yang mengkhawatirkan. Sebab seringkali dikait-kaitkan dengan corona. Padahal penyakit sesak nafas memang sejak lama sudah ada.

Namun, tahukah Sahabat Bertuahpos, bahwa ternyata mengatasi sesak nafas tidak harus selalu berobat ke rumah sakit. Kecuali kalau memang sesak nafas yang kita derita sudah sangat akut.

Nah, berikut ini 2 jenis minuman yang paling sering kita temui ternyata cukup mampu mengatasi masalah sesak nafas;

Minum Kopi

Baca: Ratusan WNI Masih Jalani Perawatan Covid-19 di Luar Negeri

Seperti artikel yang diterbitkan nikita.id, bahwa sebuah penelitian dari The Cochrane Library pada 2010, mengungkapkan bahwa ternyata kopi bisa membantu memperlancar sistem pernapasan. Hal ini dibuktikan dengan adanya efek kafein yang sedikit meningkatkan cara fungsi saluran napas pada penderita asma.

Ini karena kopi memiliki kandungan kafein yang dapat mengurangi ketegangan pada otot-otot di jalan napas seseorang. Meski kopi mengatasi sesak nafas, Moms juga harus selektif dalam memilih minuman satu ini.

Agar manfaatnya terasa Sahabat Bertuahpos bisa minum kopi hitam murni tanpa campuran gula atau pemanis lainnya dan dapat dikonsumsi setiap hari sebab juga baik untuk kesehatan jantung.

Minum Air Rebusan Jahe

Selain dengan kopi, cara mengatasi sesak nafas karena Covid juga bisa dilakukan menggunakan jahe. Sedikit minum air rebusan jahe bisa melancarkan pernapasan kembali.

Hal ini dibuktikan dari Journal of Ethnopharmacology pada 2013 yang menunjukkan bahwa jahe mungkin efektif dalam melawan virus syncytial pernapasan, yang merupakan penyebab umum infeksi saluran pernapasan.

Sebelum ada penelitian di atas, sebenarnya nenek moyang kita sejak dahulu sudah memanfaatkan jahe untuk mengatasi masalah pernapasan. Jadi, wajar bila sekarang peneliti menemukan cara mengatasi sesak nafas karena Covid dengan mengandalkan air rebusan jahe. (bpc2)