Malaysia Diperkirakan Diterjang Banjir di Malam Tahun Baru

Kamis, 30 Desember 2021 09:05
Malaysia Diperkirakan Diterjang Banjir di Malam Tahun Baru

BERTUAHPOS.COM Malaysia diperkirakan akan diterjang banjir pada malam tahun baru 2022. Departemen Drainase dan Irigasi (DID) Malaysia memprediksi banjir akan melanda empat negara bagian, yakni; wilayah yang diprediksi terkena banjir adalah Kelantan, Terengganu, Pahang, dan Johor.

Prediksi ini muncul setelah Badan Meteorologi Malaysia sempat mewanti-wanti hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terus mengguyur negara itu hingga awal tahun baru.

Menurut prediksi DID, banjir disebut akan melanda Kelantan mulai dari Sungai Kelantan sekitar Jumat malam pukul 20.00 waktu setempat.

“Ini akan berdampak pada beberapa distrik, termasuk Gua Musang, Kuala Krai, Jeli, Tanah Merah, dan Machang. Banjir di Sungai Golok akan berdampak pada distrik Tanah Merah (Jenob) dan Pasir Mas (Rantau Panjang), dan daerah sekitarnya,” kata pihak DID seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis, 30 Desember 2021.

Baca: Hasil RUPSLB, Syahrial Abdi Jabat Komut Bank Riau Kepri Gantikan Yan Prana

Sementara itu, wilayah Terengganu diprediksi akan dilanda banjir sejak Jumat, 31 Desember 2021, pagi mulai pukul 08.00 waktu setempat. Banjir akan melanda wilayah di dekat Sungai Besut, yang juga berdampak pada distrik Besut.

“Itu (banjir) juga akan berdampak pada masyarakat yang tinggal di dekat Sungai Terengganu dan daerah sekitar yang rawan banjir,” tambah DID melalui pernyataan seperti dikutip dari The Straits Times.

Selain itu, wilayah Pahang, khususnya dekat Sungai Pahang, diprediksi terkena banjir pada awal tahun baru, yakni Sabtu (1/12) di pukul 08.00. Beberapa daerah yang terdampak yakni distrik Maran, Temerloh, dan Jerantut.

Tak hanya itu, Sungai Kuantan dan Sungai Rompin, pun juga beberapa daerah sekitarnya juga berpotensi terkena banjir. Di Johor, DID mengatakan banjir mungkin akan tiba pada Sabtu, 1 Januari 2022, pukul 20.00 malam di dekat Sungai Mersing.

Pihak DID juga mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah dataran rendah untuk waspada dan mengikuti instruksi dari pemerintah. Malaysia sendiri sempat dilanda banjir bandang akibat hujan deras yang mengguyur negara itu sejak Jumat, 17 Desember 2021.

Akibat banjir ini, lebih dari 22 ribu orang harus mengungsi dan sebanyak 46 orang meninggal dunia. Hingga kini, warga terdampak banjir Malaysia pada pertengahan Desember lalu itu masih berada di posko pengungsian dan masih mengandalkan bantuan. (bpc2)

Berita Terkini

Kamis, 27 Januari 2022 22:09

Kasus Omicron Muncul di Sumbar, Anggota Dewan Minta Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru Awasi Perbatasan

15 kasus Covid-19 Omicron terdeteksi di Provinsi Sumatera Barat, Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru diminta segera ambil tindakan

Kamis, 27 Januari 2022 21:10

Debut Timnas Indonesia vs TImor Leste, Ronaldo Kwateh Trrending Topik

Timnas Indonesia vs Timor Leste di FIFA Matchday, Kamis (27/1) malam WIB. Fakta dan rekor menarik terjadi yang dibuat Ronaldo Kwateh

Kamis, 27 Januari 2022 18:02

Covid Omicron Muncul di Sumbar, PAEI Riau Minta Warga Tak Panik

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaporkan kemunculan 15 kasus Covid-19 varian Omicron di wilayahnya, per 27 Januari 2022.

Kamis, 27 Januari 2022 17:15

Sore Ini Muncul 38 Hotspot di Sumatera, BMKG: Satu Titik di Bengkalis

Puluhan hotspot atau titik panas muncul di Pulau Sumatera, Kamis sore 27 Januari 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi ada satu titik muncul di Provinsi Riau

Kamis, 27 Januari 2022 17:07

Warga Kampung Miliarder di Tuban yang Kaya Mendadak Karena Jual Tanah ke Pertamina, Kini Nganggur dan Susah Cari Makan

Masih ingat desa miliarder di Tuban yang kaya mendadak karena tanahnya dibeli oleh Pertamina? Kini terbaru banyak warga mulai kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sebab jadi pengangguran

Kamis, 27 Januari 2022 16:30

Ditanya Deddy Corbuzier Soal KUA Blacklist Namanya, Ini Kata Vicky Prasetyo

Vicky Prasetyo bercerai dengan Kalina Oktarani. Terbaru Vicky diundang ke channel youtube Deddy Corbuzier

Kamis, 27 Januari 2022 16:10

Covid Omicron Muncul di Sumbar, Syamsuar Belum Ada Rencana Pengetatan Wilayah Perbatasan

Riau sejauh ini belum ada rencana untuk melakukan pengetatan dan penyekatan wilayah perbatasan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:42

Anggota DPRD Riau Soroti Kasus BB Ilegal Loging di Kuansing yang Tiba-tiba Hilang

Hilangnya BB berupa alat berat dalam kasus ilegal loging di Kuansing sangat mencurigakan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:35

Ini yang Tak Bisa Dilupakan Andre Taulany Dengan Tukul Arwana

Andre Taulany menjenguk Tukul Arwana yang sedang sakit. Andre menyampaikan kondisi Tukul sudah semakin membaik.

Kamis, 27 Januari 2022 15:05

Moderna Inc Laporkan Produksi Vaksin Khusus Omicron Sudah Separuh Jalan

Penelitian yang mereka lakukan untuk vaksin khusus melawan Covid Omicron sudah setengah jalan.