Luhut Klaim Penanganan Covid-19 Terus Membaik, Tapi PPKM Jawa-Bali Terus Diperpanjang

Selasa, 14 September 2021 14:10
Luhut Klaim Penanganan Covid-19 Terus Membaik, Tapi PPKM Jawa-Bali Terus Diperpanjang

BERTUAHPOS.COM — Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim penganan Covid-19 menunjukan arah perbaikan.

Seiring dengan itu, Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang mulai 14 hingga 20 September di Jawa-Bali.

Luhut penyebut, pemerintah juga kembali melakukan pelonggaran dan pengetatan aktivitas masyarakat. “Penurunan ditandai dengan terus menurunnya jumlah kasus,” kata Luhut dalam keterangan pers dikutip Selasa, 14 September 2021.

Penanganan Covid-19 yang semakin baik juga ditandai dengan terus menurunnya jumlah daerah yang menerapkan PPKM Level 4.

Baca: Bupati Siak Alfedri Serahkan Masker Untuk Ponpes di Kecamatan Siak

Untuk daerah Jawa-Bali, Provinsi Bali yang pada periode sebelumnya berada pada Level 4, di periode 6-13 September berhasil turun menjadi Level 3.

Dari 11 kota/kabupaten yang memberlakukan PPKM level 4 pada pekan lalu, saat ini jumlahnya sudah berkurang, dan hanya tinggal 3 kabupaten/kota saja. 

Ketiga kabupaten/kota yang berada di Level 4 tersebut adalah Kab Purwakarta dan Kabupaten Cirebon di Jawa Barat serta Kabupaten Brebes di Jawa Tengah.

Hasil evaluasi penerapan PPKM Level periode 6-13 September terlihat bahwa perkembangan kasus Covid-19 secara nasional juga terus menunjukkan perbaikan signifikan. 

“Hal ini terlihat dari tren kasus konfirmasi nasional yang terus menurun,” tuturnya. (bpc2/melba)