Kemlu: Indonesia Tak Ada Kompromi Soal Kemerdekaan Palestina

Minggu, 20 Juni 2021 15:55
Kemlu: Indonesia Tak Ada Kompromi Soal Kemerdekaan Palestina

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Abdul Kadir Jaelani mengatakan Indonesia tak ada kompromi soal kemerdekaan Palestina.

Menurut dia, jika Indonesia berkompromi dalam mendukung kemerdekaan Palestina, maka akan memperkuat posisi Israel.

“Apabila kita ingin mendukung rakyat Palestina, maka kita harus bersikap seperti itu. Sikap yang lebih berkompromi, justru akan melunakkan, dan memperkuat posisi Israel dalam proses perundingan,” kata Jaelani, dikutip dari Tribun, Minggu 20 Juni 2021.

Presiden Jokowi, kata Jaelani, juga tidak pernah berniat untuk melakukan normalisasi dengan Israel, sampai kemerdekaan penuh Palestina tercapai. Hal tersebut ditekankan Jokowi jauh-jauh hari.

Baca: 32 Dukun Pembunuh Albino Tanzania Tertangkap

BACA JUGA:  Catatan Sejarah 8 Agustus: ASEAN Didirikan

“Pada 16 Desember 2020, saat menghubungi pemerintah Palestina, Pak Jokowi mengatakan bahwa, terlepas dari dinamika di Timur Tengah, Indonesia tidak akan pernah melakukan normalisasi dengan Israel sampai terwujudnya kemerdekaan Palestina berdasarkan perdamaian yang komprehensif,” kata dia.

Indonesia, kata Jaelani, menginginkan kemerdekaan Palestina dengan pengakuan dunia internasional bahwa Yerusalem adalah ibukota Palestina.

Kemudian, batas wilayah antara dua negara adalah batas wilayah sebelum tahun 1967. (bpc4)