Kadiskes Pastikan PPKM di Riau Belum Turun ke Level 1

Rabu, 06 Oktober 2021 11:19
Kadiskes Pastikan PPKM di Riau Belum Turun ke Level 1

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir memastikan hingga kini PPKM di Riau belum turun ke level 1, dengan kata lain Riau masih berada di PPKM Level 2.

“Jadi memang PPKM Level 2 di Riau masih berlanjut sesuai dengan hasil evaluasi pemerintah pusat, meskipun kasus konfirmasi harian Covid-19 di Riau sudah melandai,” kata Mimi, Rabu, 6 Oktober 2021.

Namun, sesuai ketentuan berlaku, status PPKM level 1 tetap bisa menjadi prioritas dengan cara menggesa percepatan pelaksanaan vaksinasi.

Dijelaskan Mimi, sesuai dengan inmendagri, agar Riau bisa mencapai PPKM level 1 capaian vaksinasi di Riau harus 70% dari total jumlah penduduk. 

Baca: Pimpinan KPK Mengaku Tak Tahu Ada Soal TWK Pilih Pancasila atau Al-Qur’an

Sedangkan untuk capaian vaksinasi di Riau sejauh ini baru 33% untuk vaksinasi dosis pertama. “Caranya, ya kita harus menggesa vaksinasi, terutama untuk di kabupaten/kota,” tuturnya.

Dia menambahkan, meski kasus Covid-19 harian di Riau melandai, kata Mimi, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau tetap meminta agar masyarakat selalu mengedepankan protokol kesehatan, dengan cara memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Mimi menambahkan, untuk Kota Pekanbaru capaian vaksin mencapai 69,5%, dan ditargetkan dalam waktu dekat mencapai 70%. Sementara daerah yang paling rendah capaian vaksin, Kabupaten Inhil yang baru mencapai 21,4%.

“Pekanbaru  yang tertinggi masyarakatnya antusias untuk divaksin, dan sudah mencapai 69% lebih, kalau tak salah 0,5% lagi mencapai 70%. Bisa jadi Pekanbaru turun level ke level 1, dalam seminggu ini. Inhil terendah baru 21,4 persen vaksinasi dosis satu, tertinggi kedua Kota Dumai 63%, selebihnya dibawah 60%,” jelas Mimi. (bpc2)