Jepang Diserang Virus Yazo yang Disebut Lebih Mematikan dari Covid-19

Minggu, 10 Oktober 2021 09:03
Jepang Diserang Virus Yazo yang Disebut Lebih Mematikan dari Covid-19

BERTUAHPOS.COM Jepang tengah diserang virus baru. Diklaim virus ini lebih berbahaya dari virus corona (Covid-19) yang mewabah dunia saat ini. Dalam situasi serba sulit, Pemerintah Jepang tidak hanya berupaya mengatasi Covid-19, tapi juga harus tangani virus baru bernama Virus Yazo tersebut.

Menurut hasil penelitian, Virus Yazo juga bisa menular ke manusia dan mematikan jika terinfeksi. Yazo adalah nama yang sengaja dipilih oleh para peneliti dari Universitas Hokkaido sesuai dengan nama lampau prefektur tersebut.

Diketahui, Virus Yazo ditemukan setelah menginfeksi seorang pria berusia 41 tahun yang dirawat pada tahun 2019. Dia mengalami gejala demam dan mengeluh rasa nyeri luar biasa pada kakinya. Setelah diusut, pria tersebut merasakan hal itu setelah digigit kutu di hutan Hokkaido.

Dia dilarikan ke rumah sakit lalu menjalani perawatan selama 2 pekan, setelah itu oleh dokter yang menanganinya diperbolehkan pulang karena telah dinyatakan sembuh. Lalu pada 2020 ada lagi seorang pasien mengeluh dengan gejala yang sama setelah digigit hewan serupa.

Baca: Hampir 100 Pasar Kaget di Pekanbaru Beroperasi Tanpa Izin 

Kemudian Universitas Hokkaido mengeluarkan temuan yang juga dipublikasikan di jurnal Nature Communications. Dalam jurnal tersebut tertulis bahwa virus tersebut menyebar melalui gigitan sejenis kutu. (bpc2)