Jemaah Indonesia Tak Bisa Masuk, Konjen RI: Arab Saudi Tak Bermaksud Buruk

Kamis, 12 Agustus 2021 09:08
Jemaah Indonesia Tak Bisa Masuk, Konjen RI: Arab Saudi Tak Bermaksud Buruk

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Konsul Jenderal (Konjen) RI di Jeddah, Eko Hartono meyakini Arab Saudi tak bermaksud buruk dengan melarang jemaah Indonesia masuk dan melaksanakan umroh.

Menurut dia, Arab Saudi pasti sudah memiliki pertimbangan yang matang, dan tidak berniat menghalangi umat muslim untuk melaksanakan ibadah.

Eko juga membantah jika jemaah Indonesia bisa umroh jika sudah transit dan karantina di negara ketiga.

Dilansir dari Ihram.co.id, Kamis 12 Agustus 2021, Eko mengatakan jemaah Indonesia akan langsung diblock jika mendaftar visa umroh. Sehingga, mustahil jemaah Indonesia bisa melaksanakan umroh, meskipun masuk melalui negara ketiga.

Baca: BI Berhasil Kumpulkan Rp212 M Lebih dari Riau Berwakaf

“Saya dapat cerita dari kawan-kawan di Amphuri bahwa untuk mendaftar visa umroh saja, calon jamaah (Indonesia) langsung di-block. Langsung ketahuan, nggak bisa,” kata Eko.

Eko menegaskan peluang jemaah Indonesia untuk melaksanakan umroh tergantung keputusan Arab Saudi.

Pemerintah, kata dia, saat ini menunggu waktu yang tepat untuk melobi pemerintah Arab Saudi. Salah satunya adalah saat penanggulangan Covid-19 di tanah air sudah membaik.

“Kita tunggu saat yang tepat, yaitu saat penanggulangan Covid-19 di tanah air sudah berjalan lebih kondusif,” pungkasnya. (bpc4)