Hindari 4 Kebiasaan Ini Untuk Kesehatan Mata Kamu

Senin, 11 Oktober 2021 19:15
Hindari 4 Kebiasaan Ini Untuk Kesehatan Mata Kamu
Hindari kebiasaan ini untuk kesehatan mata Anda (Foto: Net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Mengkonsumsi makanan bergizi salah satu cara yang dianjurkan dalam medias untuk kesehatan mata. Sahabat Bertuahpos sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan dengan kaya nutrisi dengan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3.

Nutrisi tersebut diyakini dapat mencegah masalah gangguan pada mata terkait penuaan usia, misalnya katarak dan degenerasi makula. Namun, ada beberapa kebiasan yang tidak kita sadari, ternyata sangat mengancam kesehatan mata. 

Berikut ini 3 kebiasaan yang harus kamu hindari untuk menjaga kesehatan mata:

Hindari Paparan Sinar Ultraviolet

Baca: Pemko Pekanbaru Potong Gaji THL, Dewan: Tidak Wajar

Sinar ultraviolet tidak hanya akan merusak jaringan kulit tapi juga akan merusak fungsi jaringan pada mata. Mata yang sering terpapar sinar ultraviolet berisiko mengalami katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memakai kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar UVA dan UVB atau menggunakan topi bertepi lebar saat beraktivitas di siang hari.

Hindari Penggunaan Smartphone Terlalu Lama

Menatap layar (komputer, tv, smartphone) terlalu lama dalam menyebabkan mata kelelahan. Beberapa gejala yang sering muncul yakni sering sakit kepala, nyeri pada leher. Pegal atau sakit pada bahu dan punggung. Selain itu, mata kamu akan lebih cepat kering, sehingga membuat pandangan menjadi kabur

Jika kamu bekerja di depan layar komputer dalam waktu yang lama. Sebaiknya berilah waktu istirahat pada mata dengan cara mengalihkan pandangan selama 20 detik ke tempat lain, dan lakukan setiap 20 menit sekali. Anda juga bisa mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok juga diyakini akan sangat berpengaruh untuk kesehatan mata kamu. Dalam dunia medis, merokok dapat meningkatkan terjadinya penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata. Oleh karena itu, bila Anda seorang perokok aktif, hentikan kebiasaan merokok mulai sekarang juga.

Jangan Gunakan Make Up Berlebihan

Menggunakan make up berlebihan juga akan membuat kesehatan mata kamu bermasalah. Oleh sebab itu hindarilah make up secara berlebihan terutama make up berbahan cair atau krim.

Hal ini biasanya membuat mata kamu rentan ditumbuhi bakteri bila terlalu lama tidak digunakan. Oleh karena itu, buang dan ganti make up Anda jika sudah 3 bulan digunakan. Hindari pula saling berbagi pakai alat rias.

Selain itu, pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum dan setelah memakai make up. Jika mengalami iritasi atau infeksi mata ketika mengenakan make up, hapus riasan dan segera periksakan diri ke dokter. (bpc2)