Harimau Sumatera Terekam Kamera Warga di Inhil

Selasa, 20 Juli 2021 08:03
Harimau Sumatera Terekam Kamera Warga di Inhil
Harimau Sumatera – (Foto: Matthew Luskin)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Seekor harimau terekam kamera warga di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, dan terekam oleh kamera milik pekerja kebun sawit PT. Riau Indo Agro (RIA).

Dalam video itu, hewan bernama latin Panthera Tigris Sumatrae itu tengah berjalan di pinggir parit seakan membuntuti para pekerja yang berjalan menggunakan mobil.

Menurut informasi yang didapat, rekaman video itu diambil pada Juni lalu. “Di kamera trip yang kami pasang juga berhasil merekam aktivitas harimau itu,” kata Kepala BKSDA Provinsi Riau Suharyono dalam keterangan resminya, dikutip Selasa, 20 Juli 2021.

Rekaman trip milik BKSDA dapat merekam harimau itu dengan durasi 14 detik, saat harimau itu tiba – tiba muncul di depan kamera. Bahkan terlihat pula dua ekor anakan yang berjalan bersamaan harimau dewasa itu.

Baca: Kongres Biasa PSSI Digelar Hari Ini

BACA JUGA:  Angka Kasus Terkonfirmasi Covid-19 di Riau Kembali Naik, Ini Penjelasan Satgas

Suharyono memastikan bahwa harimau yang muncul itu adalah indukan dan berjenis kelamin betina.

“Harimau yang direkam pekerja itu sama persis dengan tangkapan kamera trap kita. Namun itu bukan di Dumai tapi di wilayah Indragiri Hilir tepatnya di wilayah Green Belt di Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran. Ini landscape Kerumutan,” kata Suharyono.

Suharyono mengatakan video harimau dan 2 anakan terekam kamera pada April lalu. Diperkirakan usia anakan saat itu berusia sekitar 2 bulan. Artinya saat ini anakan harimau itu sudah berusia 5 bulan. (bpc2)