Gubri Kejar Pajak Air Permukaan Perusahaan di Riau

Selasa, 08 Juni 2021 08:27
Gubri Kejar Pajak Air Permukaan Perusahaan di Riau
Gubernur Riau Syamsuar. (Diskominfotik Riau)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan dirinya kini tengah mengejar pajak air permukaan di seluruh perusahaan yang ada di Riau.

Dikatakan Syamsuar, pajak air permukaan ini sangat berpotensi untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Riau. Dia mengatakan ada banyak sekali perusahaan yang ada di Riau, dan mereka menggunakan air permukaan.

Advertisement

“Pajak air permukaan, ini adalah pajak yang punya potensi. Kita tahu betapa banyak perusahaan yagb ada di sini, yang mereka juga menggunakan air permukaan,” kata Syamsuar di gedung DPRD Riau, Senin 7 Juni 2021 kemarin.

Ditambahkan Syamsuar, dirinya snagat berharap dengan peningkatkan PAD Riau dari pajak air permukaan dan juga pajak kendaraan bermotor.

BACA JUGA:  Kadis PTPH Riau Sebut Gubernur Syamsuar Lagi 'Gelisah', Soal Apa Ya?

Baca: Ahli Epidemiologi Riau Rekom Pegawai Idap Penyakit Kronis Sebaiknya Kerja di Rumah Saja

Menurut dia, saat ini sumbangsih PAD terhadap pendapat Riau baru 39 persen. Padahal, semakin tinggi sumbangsih PAD terhadap APBD, akan semakin baik karena mengurangi ketergantungan terhadap dana bagi hasil.

“Sumbangsih PAD untuk pendapatan daerah kita baru 39 persen. Semakin tinggi sumbangsih dari PAD, semakin baik untuk APBD kita. Sehingga nanti kita mengurangi dana perimbangan yang kita peroleh dari dana bagi hasil,” pungkas dia. (bpc4)