Greysia Polii/Apriyani Masuk Final di Olimpiade Tokyo 2020, Menpora: Anggap Saja Main di Cipayung

Minggu, 01 Agustus 2021 11:34
Greysia Polii/Apriyani Masuk Final di Olimpiade Tokyo 2020, Menpora: Anggap Saja Main di Cipayung

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Greysia Polii/Apriyani Rahayu diharapkan bisa bermain lepas tanpa beban dalam final Olimpiade Tokyo 2020. 

Harapan ini datang dari Menteri Pemuda dan olahraga Zainudin Amali, dikutip dari situs resmi Kemenpora, Minggu, 1 Agustus 2021.

Greysia/Apriyani berhasil melaju ke partai puncak setelah mengalahkan atlet bulu tangkis dari Korea Selatan Lee Sohee/Shin Seungchan.

Pertandingan seru pada Sabtu pagi, 31 Juli 2021 itu dimenangkan tim dari Indonesia dengan 2 kali permainan — skor 21-19 putaran pertama dan 21-17 pada putaran kedua.

Baca: Wakil Bupati Inhil Pimpin Rakor TPID Tahun 2021

Amali paham bagaimana atmosfer di Olimpiade, yang jauh berbeda dengan pertandingan di ajang lain. 

Oleh sebab itu dia meminta agar Greysia/Apriyani untuk bertanding tanpa beban, meskipun peluang untuk memboyong emas sudah di depan mata.

“Saya berharap Greysia/Apriyani tidak terlalu tertekan. Saya paham bagaimana pressure yang ada di Olimpiade itu, sangat besar, sangat sangat kuat,” ujarnya.

Mewakili Negara Indonesia, Amali mengaku bangga dengan penampilan dan keberhasilan yang telah dicapai Greysia/Apriyani sebagai atlet bulu tangkis Indonesia.

Sebab itu, dia menegaskan negara tidak memberi beban apapun kecuali bisa bermain dengan lepas. 

“Anggap saja sedang main di Pelatnas di tempat mereka di Cipayung sana,” tambahnya.

Dia menambahkan keberhasilan Greysia/Apriyani masuk ke babak final sudah menjadi suatu kebanggaan yang besar bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia. 

Soal apakah tim ini bisa meraih emas atau medali, bukanlah menjadi persoalan utama, lantaran dikhawatirkan akan membebani mereka dan bisa berpengaruh terhadap pola permainan saat bertanding nanti

Greysia/Apriyani akan bertanding melawan wakil China, Chen Qingchen/Jia Yifan, di final. Kans keduanya untuk menggondol emas terbilang berat karena hanya mampu menang tiga kali dari sembilan pertemuan.

Pertemuan terakhir di BWF World Tour Final 2019, Greysia/Apriyani kalah 3 kali permainan dengan skor 21-17, 10-21, da 16-21. Namun, Greysia/Apriyani juga berhasil menumbangkan Qingchen/Yifan di BWF World Championship dengan skor 25-23 dan 23-21.

Partai final cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade 2020 nomor ganda putri akan dihelat di Musashino Forest Plaza, Tokyo, pada Senin 2 Agustus 2021. (bpc2)