Golkar Siap Terima Ganjar Kalau Dilepas PDIP, Hasto Sebut Jangan ‘Bajak’ Kader Partai Lain

Selasa, 16 November 2021 11:25
Golkar Siap Terima Ganjar Kalau Dilepas PDIP, Hasto Sebut Jangan ‘Bajak’ Kader Partai Lain
Kader PDIP Ganjar Pranowo (Foto: @ganjar_pranowo_)

BERTUAHPOS.COM — Partai Golkar menyatakan siap menerima Ganjar Pranowo dilepas PDIP. Namun, PDIP telah menyatakan sikap tak kan pernah melepas kader potensialnya itu. Hal ini adalah respon dari pernyataan Wakil Ketum DPP Golkar Nurdin Halid yang menyatakan bahwa partainya siap menyambut kedatangan Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Namun, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut sikap yang ditunjuk Golkar sangat tidak terpuji dan sebagai bentuk keputusan partai pohon beringin itu. “Sinyal keputusasaan setelah berulangkali membujuk Bung Ganjar Pranowo, namun Bung Ganjar tak pernah tertarik,” kata Hasto dalam keterangannya, dikutip Selasa, 16 November 2021.

Tidak habis sampai di situ, Hasto bahkan menyindir Golkar dengan menyebut bahwa partai politik seharusnya melahirkan calon pemimpin dari proses kaderisasi sendiri, bukan dari hasil membajak kader partai lain, seperti upaya yang dilakukan Nurdin Halid kepada Ganjar Pranowo.

Menurut Hasto, Ganjar berhasil menunjukkan sikapnya yang konsisten untuk memilih bekerja mengatasi pandemi Covid-19 daripada memikirkan Pilpres 2024. Menurutnya, pernyataan Nurdin itu adalah salah satu wujud terbuka godaan yang kerap datang kepada kader PDIP.

Baca: Dibawa ke Jakarta oleh KPK, Bupati Kuansing Andi Putra: Mohon Doanya Ya

“Tak bisa dipungkiri bahwa kader PDIP memang berkualitas karena dididik untuk menjadi calon pemimpin bangsa yang terbaik. Dengan demikian banyak menarik perhatian untuk direbut partai lain,” ungkapnya.

Dikatakan Hasto, godaan demikian justru merupakan ujian kepemimpinan bagi kader PDIP seperti Ganjar. Kemampuan menahan godaan kekuasaan itu justru akan menunjukkan sejauh mana kematangan mentalitas, kedisiplinan, hingga loyalitas yang bersangkutan.

“Di sinilah loyalitas dan dedikasi setiap kader akan diuji. Hasil ujian itulah yang akan menentukan tentang karakter kepemimpinan seseorang, apakah akan hadir sebagai kader yang setia pada garis kebijakan partai atau tergoda pada bujukan kekuasaan,” urai Hasto.

Hal senada dikatakan politikus senior PDIP, Hendrawan Supratikno. Mantan Ketua DPP PDIP itu menyebut bahwa wacana soal Ganjar diusung Golkar hanya muncul dari kalangan terbatas kader partai berlambang pohon beringin itu.

Padahal pimpinan pusat Golkar, dalam hal ini DPP Partai Golkar yang diketuai Airlangga Hartarto, belum pernah menyebut-nyebut akan menarik Ganjar untuk pemilu depan. “Kalau yang bicara ketua umum, baru kita percaya dan kredibel. Kalau bukan ketua umumnya, maka itu hanya berisik saja, sekadar testing the water,” ujar Hendrawan. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 06:29

Rangnick ke MU, Klopp: Bukan Kabar Baik Bagi Tim Lain

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengatakan kedatangan Ralf Rangnick ke Manchester United (MU) bukanlah kabar baik bagi tim-tim Inggris yang lain.

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.

Jumat, 26 November 2021 15:25

Temui Anggota DPR RI dan Kepala Balai Pengelola Transportasi, Wabup Meranti Minta Akses Transportasi Terkoneksi ke Provinsi

Dari 12 Kabupaten Kota di Riau, hanya Meranti yang belum selesai akses transportasi darat untuk menuju ke ibu kota Provinsi (Pekanbaru)

Jumat, 26 November 2021 15:09

Menang Besar Lawan Myanmar, Pemain Timnas Jangan Jumawa

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule meminta pemain timnas jangan merasa puas ataupun jumawa dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar, Kamis malam tadi.