Gabungnya Annas Maamun dan Irwan Nasir di Nasdem Akan Merubah Peta Politik Riau 2024

Kamis, 14 Oktober 2021 10:37
Gabungnya Annas Maamun dan Irwan Nasir di Nasdem Akan Merubah Peta Politik Riau 2024
Annas Maamun (kiri) dan Irwan Nasir (Kanan)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Bergabungnya Mantan Gubernur Riau Annas Maamun dan mantan Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir ke Partai Nasdem diyakini akan mempengaruhi peta politik Riau, terutama saat Pilkada 2024 mendatang.

Pandangan ini diungkapkan oleh pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Riau Aidil Haris, saat dihubungi Bertuahpos.com, Kamis, 14 Oktober 2021. “Oh, iya lah. Dengan bergabung kembali Annas Maamun ke politik (Nasdem). Hanya saja memang perlu diukur seberapa besar pengaruhnya untuk Pemilu 2024,” katanya.

Menurut Aidil Haris, baik Irwan Nasir apa lah lagi Annas Maamun, diyakini hingga kini masih memiliki pengikut fanatik. Artinya kedua tokoh politik di Riau ini memiliki basis massa yang tak bisa dianggap remeh. “Apalagi Annas Maamun, basis politiknya sangat mengakar itu,” terangnya.

Akademisi Riau ini juga menuturkan, hanya saja untuk mengukur seberapa besar pengaruh bergabungnya Annas Maamun dan Irwan Nasir ke Nasdem, secara matematis tentu harus dilakukan pengitungan lebih mendalam.

Baca: MU Disingkirkan West Ham, Tagar #OleOut Kembali Bergema

Menurutnya, keberadaan 2 tokoh politik ini tentu lah akan memberi pengaruh ke berbagai sektor politik. Bahkan, peta politik untuk Pilgub Riau sekalipun juga akan mengalami perubahan peta politik, bahkan perubahan juga akan terjadi di Pileg dan Pilres 2024 mendatang, khususnya untuk iklim perpolitikan di Provinsi Riau.

“Bisa saja Irwan Nasir naik untuk Gubernur Riau atau DPR RI, kan? Pak Annas Maamun wallahua’lam lah ya, kalau ingin juga mencalonkan diri di DPR RI, bisa saja kan? Selama hak politiknya tidak dicabut, segala kemungkinan bisa saja terjadi,” ungkapnya.

Annas Maamun dan Irwan Nasir kenakan almamater Nasdem.

Seperti diketahui sebelumnya, Mantan Gubernur Riau Annas Maamun dan mantan Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir resmi memakai almamater Nasdem. Nasdem Riau secara resmi memperkenalkan Annas dan Irwan Nasir sebagai kader mereka pada Rabu, 13 Oktober 2021 malam pada acara Rakorwil Nasdem Riau.

Annas dan Irwan Nasir dipakaikan almamater Nasdem oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem, dan Ketua DPW Nasdem Riau, Willy Aditya. “Iya, barusan diperkenalkan secara resmi. Selamat bergabung Kakak Irwan Nasir dan Kakak Annas Maamun,” kata Ketua Bapilu Nasdem Riau, Dedi Haryanto ke media.

Sementara, masih ada satu tokoh politik Riau lainnya yang diisukan akan masuk Nasdem Riau, yakni Yopi Arianto, mantan Bupati Inhu. Dedi membeberkan bahwa bergabungnya Yopi ke Nasdem Riau tak akan lama lagi. “Coming soon,” ujar dia. (bpc2)