Fahri Hamzah ‘Sentil’ Komnas HAM Soal Pajak Sembako

Sabtu, 12 Juni 2021 13:28
Fahri Hamzah ‘Sentil’ Komnas HAM Soal Pajak Sembako
Wakil Ketum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah. (@fahrihamzah)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Politisi Fahri Hamzah mengeluarkan pernyataan menyindir Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM, terkait isu pajak sembako.

Dalam akun twitternya, Fahri Hamzah menyatakan bahwa jika memang pemerintah jadi memberlakukan pajak sembako, maka hal tersebut merupakan sebuah tindakan melanggar HAM.

Lalu Fahri Hamzah mempertanyakan peran Komnas HAM yang secara fungsi memperjuangkan hak asasi manusia. “Pajak sembako melanggar HAM, lalu di manakan Komnas HAM?” tulis Fahri Hamzah di akun Twitternya.

Pada cuitan lainnya, Fahri Hamzah juga memposting sebuah foto makanan khas Indonesia Bakso dengan deskripsi, “Semangkok bakso tanpa pajak, nikmat rasanya.”

Seperti diketahui bersama, isu pengenaan pajak untuk sembako belakangan ini ramai diperbincangkan publik lantaran dinilai akan menyulitkan masyarakat.

Banyak pihak yang menolak keras dan meminta agar pemerintah mempertimbangkan kembali kebijakan tersebut.

Rencana pengenaan pajak pada sembako itu diketahui termuat dalam draf Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati lantas menanggapi polemik tersebut, dengan menyatakan bahwa rencana itu sifatnya internal.

“Situasinya menjadi agak kikuk karena ternyata kemudian dokumennya keluar, karena memang sudah dikirimkan kepada DPR juga. Yang keluar sepotong-sepotong,” ujar Menkeu Sri Mulyani. (bpc2)