DPRD Riau Setuju Perpanjangan Waktu Penghapusan Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor

Kamis, 11 November 2021 09:24
DPRD Riau Setuju Perpanjangan Waktu Penghapusan Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – DPRD Provinsi Riau setuju langkah yang diambil Dinas Pendapatan Provinsi Riau tentang Perpanjangan Masa Pelaksanaan Peraturan Gubernur Riau Nomor 30 Tahun 2021 tentang Penghapusan Sanksi Administrasi Pajak Kendaran Bermotor Tahun 2021. Langkah itu selain karena meringankan beban masyarakat saat pandemi dan kabupaten/kota mau bayar pajak mobil plat merah, juga karena desakan dari DPRD Riau.

“Saya yang mengusulkan. Tentu pasti setuju,” tulis Anggota DPRD Riau, Sugeng Pranoto dalam chat WA, Rabu (10/11/21) menanggapi perpanjangan tersebut.

Dia tidak memungkiri, selain mengurangi beban masyarakat dan adanya permintaan dari kabupaten/kota yang mau bayar pajak kendaraan bermotor plat merah setelah pengesahan APBD, desakan dari DPRD juga kuat.

“Plat merah itu, bagian kecil, yang paling penting itu untuk khalayak ramai, lebih khusus lagi yang ada di Provinsi Riau dibandingkan plat merah,” timpal Sugeng lebih lanjut setelah diakukan panggilan suara WA.

Baca: Pertagas Bagikan Hewan Kurban di 47 Titik Area Proyek Rokan

Yang lebih berpotensi menurutnya pajak dari sejumlah kendaraan bermotor dari berbagai perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Riau.

Disampingi itu, perpanjangan penghapusan sanksi juga menambah PAD, dimana tahun 2022 pendapatan Riau diprediksi akan menurun, makanya perlu ada tambahan, yang salah satu potensinya dari pajak kendaraan bermotor.

Ditambah, pemberlakuan pajak progresif, dimana kendaraan akan dibaliknamakan sesuai KTP pemilik terakhir yang juga gratis.

Sekarang katanya masyarakat masih enggan untuk melakukan balik nama dan membayar pajak karena masih menganggap ada mengeluarkan biaya tambahan disebabkan surat-surat kendaraan tidak sesuai dengan KTP pemilik terakhir. (Advertorial)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.

Jumat, 26 November 2021 15:25

Temui Anggota DPR RI dan Kepala Balai Pengelola Transportasi, Wabup Meranti Minta Akses Transportasi Terkoneksi ke Provinsi

Dari 12 Kabupaten Kota di Riau, hanya Meranti yang belum selesai akses transportasi darat untuk menuju ke ibu kota Provinsi (Pekanbaru)

Jumat, 26 November 2021 15:09

Menang Besar Lawan Myanmar, Pemain Timnas Jangan Jumawa

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule meminta pemain timnas jangan merasa puas ataupun jumawa dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar, Kamis malam tadi.

Jumat, 26 November 2021 15:01

Ketua PAEI Riau Minta Pemerintah Tegas Jalankan Aturan Terkait Larangan Mudik Saat Nataru 2022

Riau harus berkaca dari pengalaman di tahun lalu