Diduga Eksekutif Terlibat dalam Penunjukkan Ginda Sebagai Plt Ketua DPRD Pekanbaru untuk Akomodir APBD 2022

Sabtu, 06 November 2021 12:39
Diduga Eksekutif Terlibat dalam Penunjukkan Ginda Sebagai Plt Ketua DPRD Pekanbaru untuk Akomodir APBD 2022
Karangan bunga menolak Ginda Burnama sebagai Plt Ketua DPRD Kota Pekanbaru (Foto: Bertuahpos/Romi)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pengamat komunikasi politik dari Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Aidil Haris mengatakan kisruh politik yang terjadi di internal DPRD Kota Pekanbaru sangat mungkin disusupi kepentingan politik dari eksekutif.

Sejak Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Pekanbaru mengeluarkan rekomendasi memberhentikan Hamdani bergulir, hingga ditunjuknya Ginda Burnama dalam rapat paripurna secara lisan, mengindikasikan kemungkinan – kemungkinan tersebut.

“Maklum lah ya, apakah ada ‘main’ eksekutif dalam rangka pembahasan APBD Pekanbaru 2022, mungkin saja terjadi. Itu dugaan awal yang kini menjadi pandangan publik di balik kisruh yang terjadi di DPRD Kota Pekanbaru,” katanya saat dihubungi Bertuahpos.com, Sabtu, 6 November 2021.

Menurut Aidil, indikasi-indikasi seperti ini patut untuk ditelusuri secara mendalam mengingat hubungan antara Ginda Burnama dengan Walikota Pekanbaru Firdaus MT terbilang sangat dekat dan publik juga sudah mengetahui itu.

Baca: DPRD Riau Dorong Vaksinasi Lansia Digencarkan

Sementara, masa jabatan Firdaus sebagai Walikota Pekanbaru akan berakhir pada 2022, tentulah membuat kepentingan politik di internal DPRD Kota Pekanbaru kian sengit. 

Meskipun, sejak awal publik juga sudah tahu bahwa polemik antara Hamdani dengan pimpinan serta anggota dewan lainnya sudah lama terjadi.

“Sejak awal juga sudah ada konflik dengan Hamdani. Namun memang Hamdani tetap kukuh dengan idealisnya. Nah, mungkin, bisa saja eksekutif ‘bermain’ di sini karena khawatir, kepentingan yang diinginkan eksekutif pada APBD 2022 bisa tidak terakomodir oleh Hamdani,” jelas Aidil Haris.

“Nah, tugas PKS sekarang sebisa mungkin tetap harus mempertahankan Hamdani sebagai Ketua DPRD Kota Pekanbaru,” tambahnya. (bpc2)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 06:29

Rangnick ke MU, Klopp: Bukan Kabar Baik Bagi Tim Lain

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengatakan kedatangan Ralf Rangnick ke Manchester United (MU) bukanlah kabar baik bagi tim-tim Inggris yang lain.

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.

Jumat, 26 November 2021 15:25

Temui Anggota DPR RI dan Kepala Balai Pengelola Transportasi, Wabup Meranti Minta Akses Transportasi Terkoneksi ke Provinsi

Dari 12 Kabupaten Kota di Riau, hanya Meranti yang belum selesai akses transportasi darat untuk menuju ke ibu kota Provinsi (Pekanbaru)

Jumat, 26 November 2021 15:09

Menang Besar Lawan Myanmar, Pemain Timnas Jangan Jumawa

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule meminta pemain timnas jangan merasa puas ataupun jumawa dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar, Kamis malam tadi.