Bupati Bersama Istri Silaturahmi dengan Lansia

Jumat, 18 Juni 2021 15:06
Bupati Bersama Istri Silaturahmi dengan Lansia

BERTUAHPOS.COM, INHIL – Bupati Inhil, Drs HM Wardan MP bersama istri selaku Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Inhil, Hj Zulaikhah Wardan SSos ME bersilaturahmi dengan para lansia, baru-baru ini.

Acara ini ditaja oleh Dinas Sosial di Rumah Singgah Baiturrahman, dalam rangka peringatan Milad Ke-56 Kabupaten Inhil yang disejalankan dengan Hari Lanjut Usia Nasional Ke-25 Tahun 2021.

Kedatangan Bupati dan Ketua K3S disambut dengan lantunan sholawat. Tampak hadir pula pada kesempatan itu Unsur Forkopimda, Sekda Drs H Afrizal MP beserta istri Hj Siti Marwiyah, Ketua Organisasi-organisasi Wanita, serta tamu undangan lain.

Untuk diketahui, kegiatan ini disaksikan oleh Direktur Rehabilitasi Sosial Lansia Kementerian Sosial RI, Drs Andi Hanindito MSi secara virtual melalui zoom meeting.

Baca: TNI-Polri dan KKB Baku Tembak di Bandara Ilaga

Sebelum menyampaikan sambutannya, Bupati yang didampingi Ketua K3S, Unsur Forkopimda, juga kepala Dinas Sosial menyerahkan santunan kepada veteran dan lansia, kartu BPJS, serta penghargaan kepada pegiat sosial.

Bupati menyebut, Kementerian Dalam Negeri melalui kawat, menginstruksikan kepada seluruh Gubernur, Bupati/ Walikota untuk melaksanakan Peringatan Hari Lanjut Usia, dengan rangkaian kegiatan antara lain yaitu Cek Kesehatan Lansia Gratis, Kunjungan Panti Jompo, dan Kegiatan Bhakti Sosial, yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing sejak tanggal 29 Mei sampai 30 Juni 2021.

Berdasarkan Sensus Penduduk Tahun 2020, di Kabupaten Inhil, jumlah penduduk yang berusia antara 54-75 tahun sebesar 71.048 atau 10,84 persen dari total penduduk 654.909 jiwa. Jika merujuk kepada Undang-undang Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, maka ditetapkan umur lansia adalah 60 tahun ke atas.

Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, lansia merupakan salah satu kelompok rentan yang harus diantisipasi dan mendapat perhatian semua pihak. Karena para lansia tidak bisa mengakses sumber-sumber layanan seperti kesehatan, sosial dan olahraga, maka para lansia juga sangat mudah terinfeksi penularan Covid-19.

Di akhir acara, Bupati dan Ketua K3S melakukan pemotongan tumpeng, dan menyuapi salah satu lansia. Kemudian Bupati dan rombongan meninjau vaksinasi. (Advertorial)