Beredar Indonesia Masuk Kategori A1 High Risk dari WHO, Ini Tanggapan Kemenkes

Minggu, 27 Juni 2021 09:55
Beredar Indonesia Masuk Kategori A1 High Risk dari WHO, Ini Tanggapan Kemenkes

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Baru-baru ini beredar informasi jika organisasi kesehatan dunia (WHO) memasukkan Indonesia ke kategori A1 high risk penyebaran Covid-19.

Menurut narasi tersebut, Indonesia kini sejajar dengan beberapa negara lain, seperti India, Pakistan, Brazil, dan Filipina.

Menanggapi informasi ini, juru bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi menyataka informasi tersebut tidak benar atau hoaks.

Siti Nadia menegaskan bahwa WHO tak pernah melakukan klasifikasi negara penyebaran Covid-19. WHO, kata dia, sejak pandemi Covid-19 dimulai sudah menyatakan seluruh dunia berada level beresiko tinggi (high risk).

Baca: Situasi di Afganistan Tak Aman, WNI Diminta Siapkan Tas Evakuasi

“Kami sudah memverifikasi informasi tersebut kepada WHO dan mendapatkan keterangan bahwa WHO tidak pernah membuat klasifikasi negara dengan predikat A1 dan kode lainnya,” jelas Siti Nadia di laman Kemenkes.

Dilanjutkan Siti Nadia, terkait penolakan warga negara Indonesia memasuki negara lain, itu adalah kebijakan dan kewenangan masing-masing negara. Tidak ada kaitan penolakan warga negara dengan WHO.

“Jadi, keputusan itu adalah hak masing-masing negara sama seperti saat ini tidak menerima WNA dari India, Pakistan, bahkan kemarin sempat juga dari Inggris,” pungkas Siti Nadia. (bpc4)

Berita Terkini

Selasa, 19 Oktober 2021 12:22

Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp3.114/Kg

TBS, Sawit, Riau

Selasa, 19 Oktober 2021 10:36

Beredar Kabar Bupati Kuansing Di-OTT KPK

Kuansing

Selasa, 19 Oktober 2021 07:59

Benarkah Ibu dan Ayah Rasulullah SAW Kafir?

Ibu dan ayah rasul

Selasa, 19 Oktober 2021 07:40

Rasulullah SAW Berasal dari Keturunan yang Baik

Rasulullah SAW

Selasa, 19 Oktober 2021 03:10

Harga Kopra di Inhil Turun Tipis

Kopra, Perkebunan