Babinsa & Bhabinkamtibmas Dampingi Tim Puskesmas Paninggahan Lakukan Tracing Contact

Sabtu, 31 Juli 2021 12:26
Babinsa & Bhabinkamtibmas Dampingi Tim Puskesmas Paninggahan Lakukan Tracing Contact

BERTUAHPOS.COM, SOLOK – Babinsa Koramil 06/Singkarak Kodim 0309/Solok bersama Bhabinkamtibmas Polsek Paninggahan, mendampingi Tim Tracer dari Puskesmas Paninggahan saat melacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Nagari Paninggahan dan Nagari Muaro Pingai Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok, Jumat, 30 Juli 2021.

Tracing contact terhadap warga terpapar Covid-19, Satgas Penanggulangan Covid-19 Skala Mikro Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, wajib dilakukan, guna memutus mata rantai penularan virus corona.

Selama ini, Tim tracing dari Puskesmas bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas menjadi ujung tombak penanggulangan wabah Covid-19, untuk melacak warga yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif Corona. Babinsa Koramil 06/Singkarak Kopda Hendri Yuspa mengatakan hal ini merupakan implementasi tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai aparat teritorial kewilayahan.

 “Merupakan wujud sinergitas dan juga kemanunggalan TNI dengan rakyat, maka seorang Babinsa harus selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Sebagai seorang Tracer Tim penanganan Covid-19 harus bekerja cepat dikala ada pasien suspeck atau terkonfirmasi positif Covid-19, segera ditelusuri riwayat kontak erat dengan pasien sehingga dapat mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat,” Terangnya.

Baca: Catatan Sejarah 27 Mei: Gempa Yogyakarta 2006, 6,234 Tewas, Candi Prambanan Rusak Parah

 “Upaya memutus rantai penularan Covid-19 merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak, dan khususnya bagi keluarga dan kontak erat dengan pasien supaya melaksanakan isolasi mandiri dengan selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dengan meminum suplemen vitamin serta selalu mematuhi anjuran Pemerintah tentang Protokol Kesehatan Covid-19,” tuturnya. 

Tim Tracer Puskesmas Paninggahan mengungkapkan, Kami merasa perlu melibatkan aparat TNI dan Polri dalam tracing contact, sebab tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen guna memastikan ia terkonfirmasi positif Corona atau tidak. Aparat ini bisa membantu kami dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen,” jelasnya di sela-sela melaksanakan tracing terhadap warga. (bpc19)

Berita Terkini

Sabtu, 25 September 2021 19:22

Disepakati Keluarga, Tim SAR Hentikan Pencarian Nelayan yang Diseret Buaya di Rohil

Pencarian Nelayan Rohil

Sabtu, 25 September 2021 19:15

Fitra Riau Soroti Sistem Politik Anggaran Pemko Pekanbaru yang Tak Sehat

Politik Anggaran, Fitra Riau

Sabtu, 25 September 2021 17:16

Kisah Joel Morrison Temukan Benda Aneh di Makam Berusia 100 Tahun

Lifestyle, Mistis, Horor

Sabtu, 25 September 2021 16:48

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka?

Kartu Prakerja Gelombang 22

Sabtu, 25 September 2021 16:09

Video: Cerita Regi Faula Sari, Fisioterapi Tim Sepakbola PSPS Riau

PSPS Riau, Fisioterapi

Sabtu, 25 September 2021 15:12

Insiden di Lokasi IPAL, Ini Penjelasan Satker PUPR

IPAL Pekanbaru

Sabtu, 25 September 2021 14:16

Setahun Tol Permai Beroperasi, HK Catat 2 Juta Lebih Lalu Lintas Kendaraan

Setahun Tol Permai