APKASINDO: Sudah Sepantasnya Riau Dapat DBH Sawit

Rabu, 22 Desember 2021 12:28
APKASINDO: Sudah Sepantasnya Riau Dapat DBH Sawit

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU —- Asosiasi Petani Sawit Indonesia (APKASINDO) menyatakan dukungannya agar Riau mendapatkan hak dari dana bagi hasil atau DBH sektor perkebunan kelapa sawit.

Sekjen APKASINDO Rino Afrino mengakui bahwa perjuangan daerah untuk mendapatkan DBH sawit, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, daerah-daerah penghasil sawit terbesar, seperti Riau, sudah sepantasnya mendapat perlakukan khusus.

Perjuangan daerah-daerah penghasil sawit untuk mendapatkan DBH sawit akhirnya membuahkan hasil, setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Komisi XI DPR RI menyetujuinya. DBH sawit ini diakomodir dalam Undang-undang Harmonisasi Keuangan Pusat Daerah (UU HKPD) dengan frame DBH lainnya.

Jika dilihat dari Undang-Undang ini, memang penempatan DBH sektor sawit hanya diakomodir dalam DBH lainnya. Artinya peraturan tersebut tidak secara khusu untuk DBH sawit, hanya saja di dalamnya mengakomodir tentang DBH sawit.

Baca: Catatan Sejarah 11 November: Lahirnya Pangeran Diponegoro

“Meski demikian APKASINDO menyambut baik hadirnya UU ini. Dengan UU ini daerah penghasil sawit seperti Riau akan tetap mendapat manfaatnya,” tutur Rino, Rabu, 22 Desember 2021.

Menurut Rino, masalah utama yang dihadapi daerah dalam DBH sawit yakni berkenaan dengan payung hukum yang mengaturnya, sebab itu beberapa waktu lalu sudah muncul dorongan agar pusat merevisi Undang-Undangnya.

“Kami menyadari bahwa membuat Undang-Undang ini kan tidak mudah, karena melibatkan legislatif, pemerintah dan semua stakeholder,” katanya.

“Dan akhirnya, setelah sekian lama dibahas dan diperbaiki, itulah yang kemarin kita dengar, ditetapkan bahwa ada peluang dalam undang-undang itu untuk DBH lainnya, terkhusus dalam perkebunan sawit,” ujar Rino.

Dia juga berharap, Peraturan Pemerintah (PP) turunan dari UU HKPD yang mengatur tentang DBH sawit ini bisa segera diterbitkan. Apalagi, saat ini harga sawit tengah tinggi, tentu DBH yang didapatkan juga nantinya akan lebih besar lagi. 

“Kita lihat PP-nya, selambat-lambatnya 2 tahun PP harus keluar. Kita berharap PP-nya segera bisa diterbitkan dan segera bermanfaat untuk daerah saat pendapatan negara dari kelapa sawit sangat baik sekali seiring dengan harga yang tinggi,” kata Rino. (bpc2)

Berita Terkini

Kamis, 27 Januari 2022 22:09

Kasus Omicron Muncul di Sumbar, Anggota Dewan Minta Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru Awasi Perbatasan

15 kasus Covid-19 Omicron terdeteksi di Provinsi Sumatera Barat, Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru diminta segera ambil tindakan

Kamis, 27 Januari 2022 21:10

Debut Timnas Indonesia vs TImor Leste, Ronaldo Kwateh Trrending Topik

Timnas Indonesia vs Timor Leste di FIFA Matchday, Kamis (27/1) malam WIB. Fakta dan rekor menarik terjadi yang dibuat Ronaldo Kwateh

Kamis, 27 Januari 2022 18:02

Covid Omicron Muncul di Sumbar, PAEI Riau Minta Warga Tak Panik

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaporkan kemunculan 15 kasus Covid-19 varian Omicron di wilayahnya, per 27 Januari 2022.

Kamis, 27 Januari 2022 17:15

Sore Ini Muncul 38 Hotspot di Sumatera, BMKG: Satu Titik di Bengkalis

Puluhan hotspot atau titik panas muncul di Pulau Sumatera, Kamis sore 27 Januari 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi ada satu titik muncul di Provinsi Riau

Kamis, 27 Januari 2022 17:07

Warga Kampung Miliarder di Tuban yang Kaya Mendadak Karena Jual Tanah ke Pertamina, Kini Nganggur dan Susah Cari Makan

Masih ingat desa miliarder di Tuban yang kaya mendadak karena tanahnya dibeli oleh Pertamina? Kini terbaru banyak warga mulai kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sebab jadi pengangguran

Kamis, 27 Januari 2022 16:30

Ditanya Deddy Corbuzier Soal KUA Blacklist Namanya, Ini Kata Vicky Prasetyo

Vicky Prasetyo bercerai dengan Kalina Oktarani. Terbaru Vicky diundang ke channel youtube Deddy Corbuzier

Kamis, 27 Januari 2022 16:10

Covid Omicron Muncul di Sumbar, Syamsuar Belum Ada Rencana Pengetatan Wilayah Perbatasan

Riau sejauh ini belum ada rencana untuk melakukan pengetatan dan penyekatan wilayah perbatasan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:42

Anggota DPRD Riau Soroti Kasus BB Ilegal Loging di Kuansing yang Tiba-tiba Hilang

Hilangnya BB berupa alat berat dalam kasus ilegal loging di Kuansing sangat mencurigakan.

Kamis, 27 Januari 2022 15:35

Ini yang Tak Bisa Dilupakan Andre Taulany Dengan Tukul Arwana

Andre Taulany menjenguk Tukul Arwana yang sedang sakit. Andre menyampaikan kondisi Tukul sudah semakin membaik.

Kamis, 27 Januari 2022 15:05

Moderna Inc Laporkan Produksi Vaksin Khusus Omicron Sudah Separuh Jalan

Penelitian yang mereka lakukan untuk vaksin khusus melawan Covid Omicron sudah setengah jalan.