Antisipasi Karhutla Riau, Seluruh Perangkat Perlu Diaktifkan

Selasa, 15 Juni 2021 16:55
Antisipasi Karhutla Riau, Seluruh Perangkat Perlu Diaktifkan
Karhutla. (Sumber: net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Seluruh perangkat yang dimiliki perlu diaktifkan untuk memaksimalkan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

Menurut Anggota DPRD Provinsi Riau Mardianto Manan, musibah karhutla adalah bencana yang bisa diprediksi. Karena bisa diprediksi itulah, seharusnya bencana ini bisa dicegah.

“Hal yang paling penting dari sebuah kebijakan menangani Karhutla adalah pencegahan,” katanya. “Kita harap pemerintah lebih mewaspadai kejadian-kejadian itu,” terangnya.

Dia menambahkan, Karhutla di Riau yang sudah menjadi bencana rutin setiap tahun perlu upaya penanganan yang maksimal dari Pemda, di bawah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Baca: Bahas Covid-19, Bupati Kuansing Kumpulkan Camat dan Forum Kades

Oleh sebab itu, kerjasama dengan simpul – sumpul perangkat yang terkait dengan itu harus diaktifkan kembali.

Selain itu, langkah preventif juga perlu ditegaskan dengan mengingatkan masyarakat dan perusahaan untuk tak memulai aktivitas kebakaran yang berpotensi membesar di musim kemarau.

“Jangan main-main dengan api, siapa yang ketahuan akan diberikan sanksi. Ini harus disampaikan dan ditegaskan pemerintah,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, Riau merupakan daerah yang langganan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, selain dari Kalimantan. (bpc2)