Waspada Saat Mudik! Selain Ada 3 Titik Rawan Lintas Timur di Riau, Masih Ada 4 Lagi

Sabtu, 10 Juni 2017 21:02
Waspada Saat Mudik! Selain Ada 3 Titik Rawan Lintas Timur di Riau, Masih Ada 4 Lagi

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Mudik merupakan salah satu kebiasaan orang Indonesia saat merayakan Hari Idul Fitri. Bagi Anda yang merencanakan mudik tahun ini, Anda wajib mempersiapkan segalanya. Salah satunya mengetahui track atau jalur yang akan Anda lewati, seperti titik rawan.

Untuk lintas timur di Provinsi Riau, selain terdapat tiga titik yang dianggap rawan kecelakaan, juga terdapat empat titik rawan lainya. Berdasarkan pemetaan yang telah dibuat oleh Dinas Perhubungan Provinsi Riau, titik rawan pertama yang patut diperhatikan, terdapat di KM 59,3 Pekanbaru menuju Pelalawan. Pada jalur ini, kondisi jalan bergelombang, marka jalan sudah tidak terlihat, bahu jalan masih berupa tanah berkerikil, sudah dipasang warning light tapi rusak. Titik ini dikenal sering terjadi kecelakaan di Simpang masuk SP 6.

Sementara, titik rawan jalur timur yang ke dua terdapat di KM 16,0 dari Simpang Bunut (Jalan Raya Lintas Timur) menuju Teluk Meranti. Pada titik ini, terdapat tikungan tajam dengan kondisi badan jalan miring disertai marka jalan tidak ada, sangat berbahaya bagi kendaraan yang melintas, bahu jalan masih berupa tanah. Tikungan tajam ini bahkan tidak terlihat saat kendaraan melaju di ruas jalan tersebut karena ada pepohonan yang menggangu jarak pandang pengemudi. Rambu petunjuk tikungan tajam juga belum ada.

Titik rawan ketiga jalur timur terdapat di KM 17,2 dari arah Simpang Bunut (Jalan Raya Lintas Timur) menuju Teluk Meranti. Pada titik ini, kondisi fisik jalan baik, namun marka jalan aus, bahu jalan masih berupa tanah berkerikil, terdapat simpang 4 menuju PT. AD yang sangat ramai tetapi tidak terlihat saat kendaraan melintas di jalur utama, sehingga sering terjadi kecelakaan.
Terakhir, terdapat dari Batas Pekanbaru (Titik 0 = Simp. Beringin) menuju Pelalawan KM 19,7. Pada titik ini, kondisi jalan bergelombang, banyak tikungan tertutup pepohonan sehingga mengurangi jarak pandang pengemudi, bahu jalan masih berupa tanah berkerikil, marka jalan samar,  jalan miring, ramai penduduk dan karakteristik pengendara yang melintas melaju dengan kencang.

Baca: Ada Sembilan Titik Lokasi Longsor di Pangkalan Sumbar

Nahh, bagi Anda yang akan mudik melewati lintas timur Riau, agar bisa memperhatikan titik rawan ini. Serta dapat berhati-hati dalam berkendara. (bpc9)

Â