Waspada Saat Mudik! Ada 3 Titik Rawan Lintas Timur Riau

Jumat, 09 Juni 2017 09:52

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Bagi Anda yang merencanakan mudik tahun ini, Anda wajib mempersiapkan segalanya. Salah satunya mengetahui track atau jalur yang akan Anda lewati, seperti titik rawan.

Untuk lintas timur, berdasarkan pemetaan yang telah dibuat oleh Dinas Perhubungan Provinsi Riau, terdapat tiga titik rawan yang patut diperhatikan. 

Pertama, terdapat dari Tugu Patin Pematang Reba (Titik 0) menuju Pelalawan, pada posisi KM 1,3 hingga KM 14,6. Pada kondisi jalan ini, sedikit bergelombang, jalan lurus berbukit, marka jalan samar, bahu jalan masih berupa  tanah berkerikil, fasilitas LLAJ masih kurang, serta karakteristik kendaraan yang melintas kencang dan selalu ingin mendahului. Namun, sepanjang jalur ini telah dipasang spanduk informasi daerah rawan kecelakaan oleh Kepolisian.

Menurut informasi, kecelakaan terjadi ketika kendaraan akan mendahului kendaraan di depannya, lalu muncul kendaraan lain dari arah berlawanan pada posisi di tanjakan sehingga tak terlihat adanya kendaraan datang. Jika tidak ada penanganan serius maka kejadian kecelakaan akan terus terjadi. Agar tidak terjadi lagi kejadian kecelakaan di lokasi ini, maka perlu dilakukan perbaikan jalan yang bergelombang, marka jalan, bahu jalan diperkeras, pemasangan warning light sebelum dan sesudah lokasi, serta ditambah pita kejut agar para pengendara mengurangi kecepatan kendaraan saat melintas di lokasi tersebut.

Baca: Potensi Ikan di Riau Belum Berhasil Kuasai Pasar Regional

Baca: Waspada Saat Mudik! Ada 5 Titik Rawan di Jalur Utara, Salah Satunya “Tikungan Maut”

Sementara, titik rawan jalur timur yang ke dua terdapat di KM 26,2 dari Simpang Pangkalan Kasai arah Batas jambi. Jalan dalam kondisi baik, tetapi marka jalan sudah aus dan tidak terlihat, terdapat persimpangan yang tidak dilengkapi rambu dengan pergerakan kendaraan dari dalam ramai, selain itu bahu jalan masih berupa tanah.

Baca: Awas, Ada 5 Titik Rawan Jalur Lintas Barat

Terakhir, titik rawan jalur timur terdapat di KM 71,7 dari Simpang Pangkalan Kasai arah Batas Jambi. Pada kondisi jalan ini baik, namun marka jalan samar, bahu jalan masih berupa tanah berkerikil, terdapat persimpangan (Selensen-Bagan Jaya) yang menjadi titik sering terjadinya kecelakaan. Sehingga oleh warga sekitar, di tengah-tengah persimpangan tersebut diberi tumpukan ban bekas.

Nahh, bagi Anda yang akan mudik melewati lintas timur, agar bisa memperhatikan titik rawan ini. Serta dapat berhati-hati dalam berkendara. (bpc9)

Berita Terkini

Selasa, 26 Mei 2020 09:26

8 Hotspot Muncul di Riau Hari Ini

#LINGKUNGAN

Selasa, 26 Mei 2020 05:32

Seluruh Pegawai di Pemprov Riau Wajib Masuk Kerja Hari Ini

#ASN #REGIONAL

Senin, 25 Mei 2020 20:00

Resep Bingka Telur Pandan

RESEP MASAK

Senin, 25 Mei 2020 13:05

Erick Thohir Minta BUMN Siap-siap dengan Skenario New Normal

#NEWNORMAL #BISNIS

Senin, 25 Mei 2020 12:35

Simak Rencana Pemerintah Soal New Normal untuk PNS

#NASIONAL #COVID-19

Senin, 25 Mei 2020 11:48

Indonesia Terlalu Gegabah Bersiap untuk New Normal

#NASIONAL #COVID-19