Wabub: Durian Berpenyakit Jangan Ditebang!

Kamis, 14 Agustus 2014 10:25

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Untuk mengatasi hama penyakit yang menyerang durian di Kabupaten Siak, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Siak Sri Indrapura, H Alfedri, Kamis (14/08/2014) meminta untuk jangan langsung menumbangkan pokok durian tersebut. Apabila jamur berkembang biak, maka harus diatasi dan diberikan obat untuk mengatasi masalah penyakit ini.

Saat ini kecamatan lain pun supaya mengatasinya, jangan sampai meluas. Camat diminta instruksikan bagi warga yang pohon duriannya yang terkena penyakit agar tidak segera menebang pohonnya. Sebab pohon tersebut akan dipulihkan tim dari dinas tanam pangan holtikultura dengan membawa spesialis tanaman.

“Kita minta juga kepada masyarakat untuk membersihkan pohon-pohon duriannya agar bisa segera diberikan jamur untuk mengobati penyakit itu. Jangan ditumbang dulu, karena ini lebih baik dipupayakan untuk dipulihkan. Kalau perlu akan didatangkan tenaga spesialis lah yang lebih paham mengenai penyakit tanaman ini,” jelasnya.

Beberapa warga di Siak mengeluhkan serangan beberapa penyakit yang menyerang tanaman durian mereka. Diantaranya penyakit  penyakit Kanker Batang ( Phytophthora palmivora), ulat Daun (Papilia sp., Setora sp., Lymatria sp), penyakit Bercak Daun (Jamur Colletotrichum sp.) yang menyerang beberapa kecamatan di Siak.

Baca: Kampung Pinang Sebatang Barat Jadi Tuan Rumah Tour de kampung ke-19

Akibat serangan dari beberapa hama penyakit, banyak daun pokok durian yang kering sejak April lalu. Kondisi itu juga sudah dilaporkan ke kementrian pertanian.

“Kejadian ini bukan hanya terjadi di kabupaten Siak, tetapi juga di beberapa kabupaten lainnya di Riau juga mengalami hal yang sama.  Kita sudah meminta kepada UPTD untuk melakukan pengecekan, terhadap kecamatan lain apakah juga terjangkit penyakit,” tambah Wabub Siak. (syawal)

 

Berita Terkini

Selasa, 02 Juni 2020 23:28

New Normal, Pesonna hotel Pekanbaru Berikan Penawaran Menarik Dengan Standar Halal Dan Higienitas Tinggi

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Manajemen Pesonna hotel Pekanbaru menyambut baik keputusan pemerintah pusat untuk membemberlakuan New Normal. Sejumlah pengetatan protokol kesehatan sudah mulai disusun, termasuk…

Selasa, 02 Juni 2020 18:28

Apapun Urusannya, Libatkan Agama Didalamnya

#ISLAMPEDIA

Selasa, 02 Juni 2020 18:01

Jemaah Haji Riau Gagal Berangkat, Ini Kata Gubri Syamsuar

#ISLAMPEDIA

Selasa, 02 Juni 2020 16:14

Positif Corona di Indonesia Masih Bertambah

#CORONA

Selasa, 02 Juni 2020 14:14

Gubri : Tolong Perketat Pengawasan Warga yang Masuk

#COVID-19

Selasa, 02 Juni 2020 13:27

BPS Sebut Sensus Online Diikuti 51 Juta Penduduk

#SENSUS