UMKM Pekanbaru Gratis Sewa di MTC Giant

Rabu, 24 Februari 2016 19:26

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru telah menggelar rapat dengan Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) wilayah Riau. Tentang pusat perbelanjaan menyediakan lapak atau gerai UMKM membuat pusat oleh-oleh.

Seperti yang disampaikan Sekretaris Koperasi dan UMKM Pekanbaru, Ardiansyah kepada kru bertuahpos.com. “Kita sudah menggelar rapat dengan APPBI. Jadi intinya mereka setuju memberikan ruang bagi UMKM untuk menjajakan produknya,” katanya di sela acara OJK di Hotel Pangeran, Rabu (24/02/2016).

Hal itu salah satu bentuk komitmen pusat perbelanjaan mendorong tumbuh kembangnya UMKM di Pekanbaru. “Kita tahu ada ribuan UMKM di Pekanbaru, hanya saja sering tidak memiliki modal yang cukup untuk memiliki tempat berdagang sendiri,” katanya.

Sabtu (27/02/2016) mendatang, Diskop Pekanbaru akan meresmikan gerai oleh-oleh di MTC Giant Panam. Di mana pihak managemen MTC memberikan sewa gratis selama tiga bulan kepada UMKM. “Rencananya akan diresmikan Pak Wali, kita sedang mengatur jadwalnya. Sekarang pusat Ole-ole sudah berjalan,” tutur Ardiansyah.

Baca: #SiapaBeraniLawanFirdaus, Mulyadi: Insya Allah Pak Ayat Maju

Dirinya menjelaskan UMKM yang mendapat sewa gratis selama tiga bulan merupakan asli Pekanbaru. “Yang mengisinya sekarang UMKM yang bergabung dalam satu komunitas jadi tidak perorangan, ada 22 kios,” katanya.

Ardiansyah menuturkan pusat perbelanjaan lainnya juga akan menerapkan hal serupa. Atau bisa dengan membantu meringankan biaya sewa. “Kita sudah rapat, intinya asosiasi pusat perbelanjaan setuju,” katanya.

Untuk itu, Ardiansyah mengharapkan kepada asosiasi-asosiasi yang bergerak di jasa pariwisata bisa membantu meramaikan Pusat Oleh-oleh Pekanbaru tersebut. “Kita harapkan begitu, seperti Asita mau pun PHRI, untuk silahkan mengajak tamu-tamunya datang dan meramaikan pusat UMKM di Pusat Perbelanjaan,” sebutnya.

Selain itu rencana Diskop bersama APPBI akan melaksanakan expo keliling mal. “Kegiatan ini murni tanpa APBD. Kita bekerja sama dengan swasta, Diskop hanya menjembatani untuk memperluas akses,” katanya.

Ardianyah berharap apa yang digagas tersebut bisa membantu UMKM, khususnya dalam memperluas pasar serta meningkatkan produktifitas. Sehingga UMKM asli Pekanbaru bisa menjadi tuan rumah sendiri, disaat ramainya produk-produk luar yang masuk ke Ibu Kota Provinsi Riau ini.

Penulis : Riki