UMK Bengkalis Naik 11 Persen

Kamis, 11 Februari 2016 11:23

BERTUAHPOS(BPC),BENGKALIS– Upah Minimum Kabupaten(UMK)  Bengkalis  meningkat 11 persen  pada tahun 2016, dibandingkan tahun lalu UMK  Bengkalis sebesar Rp 2.225.000, kini UMK  tahun 2016 menjadi  Rp. 2.480.875. Dinas tenaga kerja dan transmgrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bengkalis mulai melakukan sosialisasi  terkait naiknya upah gaji minimum kabupaten (UMK)  ke setiap perusahaan.

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur  yang sudah  mulai berlaku pada tanggal 7 januari yang lalu, bahwasanya upah gaji minimum kabupaten bengkalis naik sebesar sebelas persen.

“Paska terbitnya SK gubernur pada 7 januari lalu terkait kenaikan UMK 11  persen kita mulai melakukan sosialisasi ke setiap perusahaan,” ujar kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi,  Abdul Ridwan Yazid, kepada bertuah pos Rabu(10/2/2016) kemaren.

“Untuk tahun 2016 ini Upah gaji minimum kabupaten Bengkalis  sebesar Rp. 2.480.875, yang belaku untuk semua sektor usaha  yang ada di kabupaten bengkalis , diluar sektor migas, sementara untuk sektor migas sampai saat ini masih dalam tahap pembahasan tingkat provinsi. Ujar Abdul Ridwan lagi.

Baca: Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru tak Anggarkan Tong Sampah

Menurut Yazid, sosialisasi akan dilakukan  pada seluruh unit unit usaha  yang ada dikabupaten bengkalis, kecuali sektor migas. Seluruh perusahaan nantiya  harus mematuhi UMK yang telah ditetapkan gubernur.

Sementara  itu menurut Gindo lubis Ketua DPC Serikat Buruh Sejahtera Indonesia(SBSI) mengatakan,” Sebetulnya nilai UMK itu masih lebih rendah dari KHL usulan kami yakni senilai Rp.2.500.000, Angka usulan ini berdasarkan hasil survey yang menyatakan KHL  dibengkalis senilai Rp.2.500.000, Karena pertimbangan,  dan argumen dari yang lain yang akan memberatkan usaha kecil seperti home industri dan lain-lain ,keputusan itu terpaksa kami patuhi dan  setujui demi kesejahteraan semua.”Ujarnya lagi.

Terkait kenaikan UMK Bengkalis, diharapkan seluruh perusahaan dan unit usaha di kabupaten bengkalis mematuhi keputusan tersebut.(sifa)