UKM Mengeluh, Tak Bisa Beli Bensin di SPBU

Senin, 03 Maret 2014 15:52
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU -  Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Pekanbaru mulai mengeluhkan kesulitan untuk mendapatkan bensin di pom bensin. Mereka mengaku ditolak pihak SPBU jika membeli bensin menggunakan jerigen.
 
“Beli bensin pake jerigen di SPBU, nggak mau kasih eceran. Satu liter pun tak dikasih,” ujar Safril (32), usaha Es Tebu di Jalan Balam, Sukajadi kepada bertuahpos.com, Senin (03/03/2014).  
 
Hal yang sama diungkapkan Muslim (40), pemilik toko Multi Digital Printing di Jalan Dagang, Sukajadi. Ia menceritakan temannya yang terpaksa mencari SPBU yang lokasinya agak jauh untuk mendapatkan bensin sebagai cadangan menghidupkan mesin diesel toko. 
 
“Ada yang sampai ke Panam. Karena SPBU yang dekat sini, tidak mau kasih,” ujarnya.
 
Menurutnya, kesulitan mendapatkan bensin dengan jerigen mulai dirasakan sejak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tahun lalu. Akhirnya untuk menghidupkan mesin genset, Safril terpaksa beli ke penjual eceran. “Walau sama satu liter tapi ukurannya berbeda. Lebih banyak bensin yang dari di SPBU,” tuturnya.
 
Muslim berharap pemerintah memberikan keringanan kepada Pengusaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam membeli BBM. Bila terus-terusan beli dari penjual bensin eceran, tentunya akan berpengaruh terhadap omset yang didapatkan. Seharusnya pemerintah bisa memberikan solusi bagi pemilik usaha yang membeli BBM sekedar menghidupkan mesin genset. (riki)