UIN Suska Pangkas Kuota Mahasiswa Baru 2016, Ini Alasannya

Rabu, 24 Februari 2016 18:58

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (SSK) II Riau kembali mengurangi kuota mahasiswa baru pada tahun 2016. Hal ini guna mengantisipasi jumlah mahasiswa aktif yang semakin banyak, sedangkan jumlah dosen serta kelas tidak memungkinkan.

Hal ini disampaikan Rektor UIN Suska Riau, Prof Munzir Hitami kepada kru bertuahpos.com. “Tahun ini kita kurangi, hanya menerima 3.600 mahasiswa baru saja,” katanya usai menghadiri acara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Hotel Pangeran, Rabu (24/02/2015).

Disampaikan Prof Munzir saat ini ada sekitar 27 ribu mahasiswa yang tercatat masih aktif. UIN Suska Riau memiliki dua kampus, yakni satu di Panam diisi delapan Fakultas sedangkan satu kampus lagi berada di gedung lama UIN Suska yang berada di Sukajadi. Saat ini dijadikan sebagai Kampus Pasca Sarjana.

Prof Munzir menyebutkan pengurangan kuota tersebut, menimbang kapasitas kampus dan tenaga dosen yang terbatas. Bila dipaksa menerima mahasiswa lebih dari 3.600, membuat pihak kampus kewalahan. “Makanya kita sesuaikan dengan jumlah kelas dan tenaga dosen yang kita miliki,” tutur Munzir Hitami.

Baca: Honorer K2 Bentang Spanduk Depan Menteri PAN RB

UIN Suska memiliki enam jalur masuk bagi calon mahasiswa baru. Jalur-jalur tersebut antara lain, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN), Undangan Mandiri, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN), dan Ujian Mandiri.

Pada tahun sebelumnya, UIN Suska Riau juga menurunkan kuota penerimaan. Kampus yang sebelumnya bernama IAIN Susqa ini hanya menerima 5.762 calon mahasiswa baru. Dari jumlah tersebut, 50 persen di antaranya diterima melalui jalur SNMPTN dan SMBPTN. Sedangkan 30 persen lainnya dari jalur SPAN PTKIN UM dan PTKIN, 10 persen mahasiswa undangan dan 10 persen jalur mandiri tertulis namun menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Bagian Akademik UIN SUSKA Riau, mencatat jumlah mahasiswa yang mendaftar tiap tahunnya terus meningkat. Dari 2009 hingga 2015, kuota penerimaan mahasiswa terbanyak tahun 2013, yakni berjumlah 11.870 mahasiswa.

Penulis: Riki