Tingkatkan Pendidikan, Disdik Pelalawan Lakukan Evaluasi

Selasa, 08 Maret 2016 17:14

BERTUAHPOS.COM (BPC), PELALAWAN – Guna meningkatkan pendidikan di Kabupaten Pelalawan, Dinas Pendidikan (Disdik) terus lakukan evaluasi, dan untuk tahun 2016 ini difokuskan kepada infrastruktur, sumber daya manusia (SDM) dan perbaikan sistem dalam pendidikan untuk tahun ini.

Seperti yang diungkapkan Kepala Disdik Pelalawan Drs H Syafruddin Kamal MM, kepada Bertuahpos.com diruang kerjanya, Selasa (08/03/2016). “Tahun 2016 ini, kita akan melakukan evaluasi total untuk kemajuan pendidikan di kabupaten Pelalawan. Sedangkan evaluasi ini kita fokuskan untuk melakukan peningkatan pada pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia (SDM) serta perbaikan sistem dalam pengelolaan pendidikan,” ungkapnya.

Lebih kurang 50 sekolah mulai tingkat SD sampai SMP mau dijadikan sekolah negeri. Ini merupakan tahapan mutu pendidikan, infrastruktur, tenaga guru dan tenaga pendidik. Sedangkan menyangkut kompetensi, seperti SMP dan SMA membutuhkan guru tertentu dan kekurangan guru seperti guru Mate-Matika, B. Inggris dan lainnya.

Lebih lanjut diungkapkan mantan Kepala Satpol PP Pemkab Kampar ini, bahwa untuk peningkatan pembangunan infrastruktur, pada tahun 2016 ini pihaknya akan difokuskan kepada pembangunan gedung baru untuk sekolah di tingkat SD dan SMP, serta akan melakukan renovasi sekolah menjadi lebih representatif.

Baca: Sah, Syamsuar Kembali Pimpin Siak 5 Tahun Kedepan

“Selain itu, pembangunan infrastruktur jalan sekolah serta fasilitas sekolah, merupakan prioritas kita untuk ditingkatkan. Sedangkan dana pembangunan infrastruktur ini, bersumber dari dana APBD Pelalawan tahun 2016,” katanya.

Dijelaskan Syafruddin, bahwa untuk peningkatan SDM, pihaknya sedang melakukan evaluasi total para tenaga pendidik khususnya guru. Yang mana pihaknya akan intens menggelar pelatihan serta seminar dan pembinaan, sehingga kualitas para guru akan semakin baik nantinya.

“Dan kita juga akan menempatkan domisili para guru ini sesuai dengan tempat para guru ini mengajar. Seperti guru yang mengajar di kecamatan Ukui tapi tinggal di Pangkalan Kerinci, maka guru ini wajib berdomisili di kecamatan Bunut. Dan jika para guru ini khususnya guru honor tidak siap, maka para guru ini kita minta untuk mengundurkan diri. Jadi, kita memang serius dalam meningkatkan kemajuan pendidikan di Negeri ini,” tukasnya.

Penulis : ari