Tingkatkan Koordinasi untuk Awasi Alat Tangkap di Inhil

Minggu, 06 Maret 2016 10:12

BERTUAHPOS.COM (BPC), INHIL – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan terus meningkatkan koordinasi dengan berbaga pihak terkait untuk melakukan pengawasan terhadap penggunaan alat tangkap yang dilarang.

Oleh karena itu, mengingat Undang-Undang terbaru untuk pengawasan perairan terhadap alat tangkap trwal ini merupakan wewenang Provinsi Riau, maka pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak provinsi dan Satpol Air,” ungkap Kepala DKP, Mukhtar T.

“Ini dilakukan guna pencegahan secara terkoordinasi oleh pihaknya dalam melakukan pengawasan di perairan,” ujar Bupati Inhil HM Wardan.

Dia menambahkan apabila ditemukan nelayan yang mengunakan alat tangkap yang termasuk tidak ramah lingkungan ini, maka pihaknya bersama pihak terkait akan melakukan penindakan sesuai UU.

Baca: Harga Gula Pasir Merambat Naik Rp 1.200/Kg

Untuk itu, mantan Kepala Dinas Perkebunan Inhil ini mengimbau kepada para nelayan di Kabupaten Inhil agar tidak mengunakan alat tangkap trwal dan sebaiknya mengunakan alat tangkap sesuai dengan peraturan, karena akan lebih memberikan keuntugan bagi sejumlah nelayan yang ada.

“Jika trwal dihentikan pengunaannya, tentu akan memberi kesempatan kepada nelayan kecil dengan jumlah banyak terhadap penangkapan ikan, karena biota laut yang ada akan tetap terlestarikan,” imbuhnya. Adv