Tim Sukses Kandidat Sebar Data Intelijen Hasil Pilgub Riau, Polisi Kaget

Jumat, 06 September 2013 08:20
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Tidak ada quick count lembaga independen Pilgub Riau. Tim sukses kandidat saling klaim. Ada salah satu tim sukses mencomot data intelijen polisi. Polisi kaget dan membantah data itu.
Â
“Lembaga resmi yang berkompeten menghitung adalah KPU. Jadi masyarakat jangan mudah percaya atas hitungan cepat yang ada,” kata Kabid Humas Polda Riau, AKBP Hermansyah, kepada detikcom, Kamis (5/9/2013).
Â
Data itu disebarkan salah satu tim sukses kandidat melalui BlackBerry Messenger dan SMS. Datanya bersifat sementara, dilengkapi jumlah suara sah, dan prosentase data yang masuk.Â
Â
Herman mengaku kaget dengan data tersebut. Polda memang menempatkan petugas di setiap TPS. Masing-masing melaporkan situasi dan hasil pemungutan suara.
Â
“Tapi data itu hanya internal kepolisian sebagai pengaman di setiap TPS. Bukan untuk publikasi. Kami tidak pernah mempublikasikan pada siapapun,” tegas Hermansyah.
Â
Polisi meminta masyarakat tidak mempercayai data-data yang tidak dipublikasikan sumber resmi. “Sekali lagi saya tegaskan, Polda Riau tidak pernah memberikan data terkait hasil Pilgub Riau. Kami bukan lembaga yang berwenang itu itu. Kami hanya bertugas untuk mengamankan jalannya Pilgub Riau,” tutup Herman.
Â
Pilgub Riau diikuti 5 pasang calon. Pencoblosan digelar, Rabu (4/9) kemarin. KPU akan mengumumkan hasil perolehan suara pada 14 September mendatang.
Â
Â
(detik.com)