Tidak Sesuai RTRW, Pemko Pekanbaru Relokasikan Pabrik Getah Rikri Dan Bangkinang

Selasa, 04 Februari 2014 10:47

BERTUAHPOS.COM, Pekanbaru- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah merencanakan untuk merelokasikan keberadaan pabrik karet PT Bangkinang dan PT Rikri yang berada di kota Pekanbaru. Pasalnya, keberadaan kedua pabrik ini sudah tidak sesuai dengan lagi dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kota.

“Kita merasa perlu memperhatikan semua masukan, kritikan dan saran dari masyarakat serta pertimbangan lain. Kedua pabrik ini dipindahkan lokasinya sesuai RTRW Pekanbaru karena lokasi kedua pabrik berdasarkan pertimbangan tim kajian pemko Pekanbaru sudah tidak sesuai lagi menurut RTRW nya,” ujar Asisten II Setko Pekanbaru, Dorman Johan kepada wartawan, Selasa (04/02/14)

Selain itu, teranga Dorman, keberadadaan kedua pabrik itu juga karena berlokasi di tengah kota yang padat penduduknya. Lokasi kedua pabrik banyak menggangu lalu lintas karena banyak truk yang keluar masuk kesana mengangkat bahan baku ke pabrik

Masalah dampak kesehatan dan lingkungan karena bau yang ditimbulakannya sudah mengganggu, sehingga perlu di relokasi agar tidak mengganggu penduduk Pekanbaru

Baca: Ini Penyebab Kebakaran di Lantai 2 Pasar Cik Puan

Selain itu, lanjut Dorman, dari segi estetika lingkungan keindahan bangunan  juga sudah diharuskan pindah karena kondisi bangunannya sudah tua sampai berumur 44 tahun.

“Tentu kondisinya sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kecelakaan pada pekerja pabrik, sehingga perlu di bangun yang baru di lokasi yang tepat,” papar Dorman. (Syawal)