Terkendala APBD, Gaji THL Belum Dicairkan

Sabtu, 27 Februari 2016 09:36

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – DPRD Kota Pekanbaru pada tanggal 30 November 2015 lalu telah mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni 2016 Kota Pekanbaru. Meskipun sudah disahkan, sampai saat ini APBD masih belum bisa digunakan.

Sebagaimana diketahui, APBD 2016 Pekanbaru senilai Rp 3,1 triliun resmi disahkan. Keputusan itu diambil usai rapat Paripurna ke 12 Masa Sidang ke III tahun 2015 pada acara laporan Badan Anggaran DPRD Kota Pekanbaru terhadap Ranperda APBD 2016

Dengan belum berjalannya APBD Pemko Pekanbaru tersebut, memberikan dampak kepada ribuan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, belum menerima honor terhitung sejak awal Januari 2016.

Menurut keterangan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Noer, honor THL tersebut belum bisa dibayarkan karena adanya permasalahan administrasi yang belum diselesaikan.  Maka dari itu, M Noer meminta agar THL untuk bersabar.

Baca: Amankan Pilkada, Kapolres Kerahkan 200 Personil

“Honor THL sampai sekarang ini memang belum bisa dibayarkan. Tetapi untuk pembayaran gaji tidak akan berkurang dan dibayar secara penuh maka kita meminta kepada THL untuk bersabar,” ujarnya, Sabtu (27/2/2016)

Ketika disinggung mengenai kapan Pemko Pekanbaru untuk melakukan pembayaran terhadap gaji para  THL tersebut, M Noer sendiri memperkirakan bahwa honor tersebut bisa dilakuakn dibulan Maret akan dibayarkan.

Selain itu, meskipun para THL belum menerima honor selama dua bulan, M Noer berharap kepada seluruh THL agar tetap bersemangat dalam bekerja. “kita meminta kepada THL untuk tetap semangat bekerja, meski honornya belum dibayar,” tutupnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 Kota Pekanbaru sampai saat ini masih dalam proses Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Demikian yang dikatakan oleh Sekretaris Kota Pekanbaru Muhammad Noer.

“Kami juga sedang mengkaji secara teknis tentang pola atau prioritas pelaksanaan kegiatan dan menyangkut situasi nasional,” kata M Noer yang juga mantan Asisten I Sekko Pekanbaru tersebut.

Jadi, kata M Noer, ketika ditanya sejauh mana perkembangan APBD Kota Pekanbaru, untuk saat ini masih diproses DPA.

Penulis: Iqbal