Terjawab Sudah, Ini Pengganti Ketua DPRD Tanah Datar

Selasa, 15 Maret 2016 08:39

BERTUAHPOS.COM, (BPC), TANAH DATAR – Kekosongan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar selama empat bulan ini akhirnya terjawab sudah, setelah pimpinan DPRD setempat menerima Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar. Pasca ditinggal Zuldafri Darma (sekarang wakil bupati red) yang maju pada pilkada serentak 2015 lalu, jabatan ketua DPRD Tanah Datar sempat menjadi sorotan, siapa yang akan duduk sebagai penganti untuk sisa jabatan 2014 hingga 2019. 

 

“Kami sudah menerima SK Gubernur Sumbar Nomor 171-254-2016 tentang pengangkatan pimpinan DPRD Tanah Datar tertanggal 11 Maret 2016, dan menyatakan pengangkatan Anton Yondra sebagai ketua DPRD Tanah Datar untuk sisa jabatan kedepan,” kata Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Irman, senin (14/03) di Pagaruyung.
 

Ia menyampaikan dalam Keputusan Gubernur Sumbar tersebut menyatakan pengangkatan Anton Yondra, katanya ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Pasal 45 ayat 2 yang menyatakan calon pengganti pimpinan DPRD yang berhenti diusulkan oleh pimpinan partai politik untuk diumumkan dalam rapat paripurna dewan dan ditetapkan dengan keputusan DPRD.
 

Baca: Miris, Tidak Hanya Jaspel, Bahkan Honor Tenaga Honorer RSUD Indrasari Rengat 2 Bulan Tidak Dibayar

“Nanti juga akan kita umumkan dalam sidang paripurna, hasilnya rapat tersebut juga akan kita sampaukan kepada Gubernur Sumbar melalui Bupati, Proses selanjutnya tentu pak gubernur akan mengeluarkan surat keputusan penetapan Ketua DPRD Tanah Datar yang baru dan dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan,” jelas Irman.
 

Menurutnya dewan akan segera melakukan rapat dengan pimpinan fraksi untuk membahas surat Keputusan Gubernur dan membentuk Badan Musyawarah (Bamus) menentukan jadwal pelantikan ketua DPRD. 
 

Sementara itu, Anton Yondra ketika di konfirmasikan bertuahpos.com merasa bersyukur akan dilantiknya ia sebagai ketua DPRD yang sempat kosong selama hampir empat bulan.
Sekjen Partai Golkar Tanah Datar ini, sangat mengapresiasi pimpinan dan anggota dewan yang telah berupaya memproses pergantian pimpinan dewan tersebut, sehingga dirinya dapat mengantikan ketua sebelumnya yang saat ini menjabat sebagai wakil bupati Tanah Datar.
 

“DPP Partai Golkar telah merekomendasikan pergantian pimpinan DPRD Tanah Datar sesuai surat Nomor B-274/GOLKAR/II/2016 tertanggal 17 Februari 2016 yang langsung ditandatangani Ketua Umum Aburizal Bakrie dan Sekjend Idrus Marham,” ucap Anton membenarkan.

Penulis: doy