Tak Seperti Biasa, Status Siaga Darurat Karhutla Riau Dirangkap Hingga 9 Bulan Kedepan

Selasa, 19 Februari 2019 11:07

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tidak seperti biasanya, penetapan status siaga darurat penangan bencana Karhutla di Provinsi Riau dirangkap hingga 9 bulan kedepan.

Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasim, sudah menetapkan secara resmi bahwa status siaga darurat Karhutla ini dimulai pada hari ini 19 Februari-31 Oktober 2019. Biasanya, penetapan status siaga darurat ini dilakukan bertahap. Namun untuk kali ini tidak demikian.

” Sudah ditetapkan bahwa Riau terhitung hari ini hingga 31 Oktober 2019 nanti berada dalam status siaga darurat penangan Karhutla,” ungkapnya, dalam rapat penetapan status itu di aula lantai 8 Gedung Menara Lancang Kuning, komplek perkantoran Pemprov Riau, Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru, Selasa, 19 Februari 2019 di Pekanbaru.

Wan menyebut berdasarkan rapat sebelumnya penetapan status ini memang mempertimbangkan kondisi cuaca berdasarkan hasil analisi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru. 

Baca: Kekeringan, Masyarakat di Kuansing Pompa Air Sungai Kuantan ke Sawah

Kondisi cuaca panas di tahun ini diramalkan lebih lama jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Atas dasar inilah, penetapan status siaga darurat Karhutla dilakukan lebih panjang jika dibandingkan sebelumnya.

“Nanti kalau kita buat bertahap kan harus diperpanjang juga. Oleh sebab itu sebaiknya memang dilakukan dalam durasi yang cukup lama,” katanya. (bpc3)