Tahun 2016, Taspen Perkirakan Jumlah Pensiun di Riau Melonjak

Selasa, 23 Februari 2016 17:07

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– PT Taspen area Pekanbaru, Provinsi Riau memperkirakan jumlah pensiunan melonjak pada tahun 2016 ini. Hal itu seiring dengan kebijakan perubahan batas usia pensiun PNS yang berganti nama aparatur sipil negara (ASN) dari 56 tahun menjadi 58 tahun pada 2014 lalu.

Seperti yang disampaikan Plt Kepala Taspen Riau, Dadang kepada kru bertuahpos.com.  “Memang kita prediksi untuk tahun ini jumlah pensiunan akan melonjak. Sesuai dengan PNS yang seharusnya pensiun dua tahun lalu, jatuh temponya sekarang,” katanya di ruang kerja, Selasa (23/02/2016).

Disebut Dadang, naiknya jumlah pensiun ini otomatis akan bertambahnya penyaluran dana pensiun yang harus dibayar tiap bulannya. Pada Desember 2015, PT Taspen (Persero) menyalurkan dana pensiun sekitar Rp 49 miliar untuk 19.915 pensiunan. Angka tarsebut bertambah pada awal tahun 2016 ini menjadi Rp 67 miliar untuk 29 ribu pensiunan.

“Jadi memang melonjak. Karena perubahan batas usia pensiun, jadi yang seharusnya pensiun sejak 2014, pensiun tahun 2016,” jelas Dadang.

Baca: MUI Riau Serukan Ikut Aksi Damai 212

Dadang mengatakan tahun 2016 ini, PT Taspen masih akan mengoptimalkan layanan kepada para peserta.  “Kita akan terus tingkatkan layanan, seperti mobil Taspen yang selalu kita jalankan tiap-tiap daerah dan titik-titik pembayaran di 13 mitra kita, sehingga tidak harus datang ke Kantor Taspen,” sebutnya.

Selain itu pihak Taspen masih terus mensosialisasikan layanan klaim otomatis. Bahwa calon penerima pensiun, dalam waktu enam bulan hingga 1 tahun jelang masa pensiunnya cukup mengantarkan berkas lengkapnya ke BKD. Dari sana berkas yang bertajuk Daftar Pengantar Calon Pensiun (DPCP) itu akan dikirim BKD ke BKN. Sedangkan Formulir Permohonan Pembayaran (FPP) dikirimkan BKD ke PT Taspen.

Sambil menunggu tembusan SK pensiun dari BKN, Taspen bersama BKD akan berkoordinasi dengan bagian keuangan atau bendaharawan gaji untuk mendapatkan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP).

Setelah selesai dihitung, pada saat jatuh tempo masa pensiun tiba, seluruh hak peserta akan langsung ditransferkan oleh PT Taspen ke rekening yang bersangkutan. Disertai pula dengan pengiriman Pemberitahuan Pembayaran (PB) dan Kartu Identitas Pensiun (KARIP) peserta tersebut sesuai alamatnya. Dan dana pensiun akan ditransfer langsung ke rekening.

Penulis: Riki