Tahun 2016, Diskop Pekanbaru Siapkan e-Koperasi

Kamis, 10 Desember 2015 13:39
Tahun 2016, Diskop Pekanbaru Siapkan e-Koperasi

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru tengah menyiapkan aplikasi sistem informasi koperasi online atau e-koperasi pada tahun 2016. Nantinya semua data informasi koperasi yang ada di Pekanbaru bisa diakses lewat aplikasi tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMK Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. “Tahun 2016 kita akan fokus e-koperasi, aplikasi sedang disiapkan,” katanya kepada kru bertuahpos.com.

Kata Ingot nantinya semua kinerja tiap koperasi di Pekanbaru bisa selalu dipantau. Ini menguntungkan publik mau pun penyandang dana untuk bergabung atau menyalurkan dana bergulirnya.

“Aplikasi e-koperasi saat ini sedang disiapkan. Dengan aplikasi ini publik bisa mengakses perkembangan koperasi. Tentu masyarakat yang mau gabung kalau yang cocok dan sehat, informasi bisa dilihat lewat online,” katanya.

Baca: Mahyudin Nilai Buku Bagus Pencitraan

Saat ini pihaknya masih merampungkan data koperasi yang berada di Pekanbaru ke Online Data System (ODS). Nantinya dari ODS tersebut Kementerian Koperasi dan UMKM RI akan memverifikasi yang selanjutnya diserahkan sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK). Hal ini bagian dari program revitalisasi dari Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Koperasi yang sudah tersertifikasi, lanjut dia, akan dengan mudah memiliki akses dengan perbankan untuk kebutuhan modal. “Dan kalau ada bantuan dari pemerintah atau lembaga lainnya, koperasi yang tidak melakukan update data ke kita tidak akan direkomendasikan,” katanya.

Untuk itu dirinya berharap agar pengurus koperasi aktif segera melaporkan kepengurusan dan kinerjanya termasuk hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) koperasi. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 200 koperasi di Kota Pekanbaru yang melaporkan aktivitasnya dan telah dilaporkan ke Kementerian untuk mendapatkan Nomor Induk Koperasi (NIK). Namun jumlah ini kemungkinan bertambah dengan koperasi-koperasi baru.

Diskop mencatat dari data tahun 2014 ada 365 koperasi aktif. Sehingga masih ada sekitar 119 unit belum laporkan kepengurusan dan kinerja. Kemungkinan koperasi Pekanbaru yang aktif tahun 2015 sama seperti sebelumnya. (Riki)

Berita Terkini

Sabtu, 11 Juli 2020 21:18

Kalimat Inspirasi Para Tokoh yang Mendunia, Yuk Pelajari

#KALIMAT MENDUNIA

Sabtu, 11 Juli 2020 17:33

Fakta Tanah Gambut Riau, Terdalam di Dunia

#TANAHGAMBUT

Sabtu, 11 Juli 2020 17:22

2 BLK di Riau Akan Dikelola Pusat Pada 2021

#REGIONAL

Sabtu, 11 Juli 2020 15:29

Jaga Aset Penelitian dengan Digital

#KOMUNITAS

Sabtu, 11 Juli 2020 14:50

Kenapa UMKM Harus Manfaatkan Digital?

#VIDEO

Sabtu, 11 Juli 2020 12:19

Apa Itu TMC? Bagaimana Fungsinya?

#TEKNOLOGI #INSIGHT