Subuh Buta, Warga Jakarta Dihebohkan dengan Banjir, Bogor Siaga 3

Sabtu, 08 Februari 2020 08:42
Subuh Buta, Warga Jakarta Dihebohkan dengan Banjir, Bogor Siaga 3
Ilustrasi, Banjir di Jembrana tahun 2018 -(Foto: Merdeka.com)

 

BERTUAHPOS.COM – Masih dalam suasana subuh Buta, sejumlah warga di Jakarta sudah dihebohkan dengan banjir yang melanda beberapa wilayah di sana akibat hujan deras yang mengguyur sejak Jumat malam hingga Sabtu dini hari tadi.

Advertisement

Berdasarkan informasi dari akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, banjir dengan ketinggian air 20-30 cm menggenangi Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan. Meski terendam air, pengendara baik sepeda motor atau mobil masih bisa melintas.

Banjir juga merendam Jalan Lumpang Semper, Jakarta Utara. Adapun ketinggian air di sana berada pada 20-30 cm, sebagaimana dilansir dari okezone.com.

Baca: KAMMI Tuntut Jokowi Copot Kapolda Riau

Tak hanya Jakarta, banjir juga sudah melanda wilayah Kampung Buaran Jaya, Kota Bekasi. Air terlihat sudah masuk ke dalam rumah warga. Hingga pukul 03.00 WIB, Berdasarkan keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Bendung Katulampa Bogor statusnya menjadi siaga 3 atau waspada.

Informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya menginformasikan banjir mulai menggenangi kawasan Kemang Raya, Jakarta Selatan. Dilaporkan liputan6.com, ketinggian air mencapai 30 cm.

Banjir juga terlihat di Jalan Plumpang Semper Jakarta Utara. Di Jakarta Barat, kawasan yang tergenang banjir terjadi di Jalan Pulo Harapan Indah, Cengkareng. Laporan lain juga menyebutkan banjir terjadi di kawasan Kelurahan Harapan Mulya, Bekasi.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, telah keluarkan informasi Bendung Katulampa, Kota Bogor, per pukul 18.20 WIB, berstatus siaga 3. Pukul 18.00 WIB, TMA (tinggi muka air) 70 cm/Gerimis (Normal/Siaga 4); Pukul 18.20 WIB, TMA 90 cm/Gerimis dengan status waspada (Siaga 3).

Selain itu, BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan antisipasi dalam kurun waktu 6-9 jam setelahnya air bakal sampai di Pintu Air Manggarai, Jakarta.

“Untuk para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan siagakan anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan segera tindak lanjuti genangan,” sebut BPBD DKI Jakarta dalam akun twitter resminya @BPBDJakarta. (bpc3)