Soal Tenaga Kerja, Banyak Perusahan di Siak Tak Lapor Ke Disnaker

Senin, 22 Februari 2016 18:05

BERTUAHPOS.POS(BPC), SIAK – Berdasarkan data pencari kerja dalam pembuatan kartu kuning Kabupaten Siak lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) mendominasi dalam daftar pencari kerja. Dinas sosial tenaga kerja dan transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Siak Nurmansyah, melalui Kasi Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Arizon Efendi mengatakan, hingga akhir 2015 jumlah pencari kerja lulusan SMA mencapai 682 orang, yang terdiri atas 484 laki-laki dan 198 perempuan.

sementara jumlah pencari kerja setingkat sekolah dasar terdapat 8 orang, setingkat Sekolah Menengah Pertama 7 orang, Diploma1  8 orang, Diploma 2 18 orang, D3/Sarjana Muda 66 orang, D4/Sarjana. Sain Terapan 1 orang, Sarjana 386 orang dan Magister 4 orang.

“Data ini sesuai jumlah pencari kerja yang membuat kartu kuning AK 1,”katanya, Senin (22/2/2016). Ditahun 2016 memasuki bulan ke dua tercatat ada 2 orang  para pencari kerja.

Dia mengatakan untuk perusahaan jarang sekali melaporkan kegiatan mereka saat membuka lowongan pekerjaan Pemerintah Kabupen Siak, sedangkan setiap tahunnya pihak dinas telah menyurati perusahaan agar mereka memberi laporan dalam merekrut karyawan.

Baca: BBM Naik, Disperindag Ingatkan Pemilik SPBU Jangan Main Mata

“Dari data pencari kerja yang belum ditempatkan  tahun 2015 berjumlah 435 orang, ini kita upayakan memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan, namun tidak banyak perusahaan yang melaporkan mencari tenaga kerja kepihak dinas,” sebutnya.

Dia menilai perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Siak rata-rata membuka lowongan sendiri dan informasinya tidak dipublikasikan, sehingga laporan mencari kerja tidak disampaikan.
“Sejauh ini Alfamart dan PT. TKWL yang telah memberitahukan untuk mencari tenaga kerja,”tuturnya. Jika ada perusahaan yang melapor maka bidang penempatan tenaga kerja akan memberikan informasi melalui sms  dari data yang ditelah ada didisnaker.

Disnaker mempunyai data pencari kerja, sehingga data yang ada itu diprioritaskan, kecuali tidak memenuhi kualifilasi yang dibutuhkan.

Dirinya berharap, seluruh perusahaan yang ada Kabupaten Siak diminta melibatkan Dinas Tenaga kerja setempat jika ada lowongan diperusahan-perusahaan hendaknya disampaikan untuk membantu mencari kerja dalam merekrut karyawan.

Penulis: Ely