Menaker Soal Kecelakaan Kerja Tol Pekanbaru-Dumai: K3 Harus Dilaksanakan

Jumat, 14 Februari 2020 10:47

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Republik Indonesia, Ida Fauziyah menanggapi soal kasus kecelakaan kerja yang terjadi di proyek tol Pekanbaru-Dumai.

Dia mengatakan setiap perusahaan harus mengutamakan keselamatan kerja. Pernyataan ini diutarakannya untuk menanggapi kecelakaan kerja yang menewaskan satu pekerja, Aprianto Manik (23), yang saat itu tengah melakukan setting alat berat di seksi IV Proyek Tol Pekanbaru-Dumai, pada Senin lalu.

Dia menambahkan, Penerapan K3 harus dilaksanakan di semua perusahaan, termasuk dalam proses pembangunan Tol Trans Sumatera.

“Pembangunan infrastruktur kan memang juga tetap diteruskan pak Jokowi. Jadi kita minta semua harus tetap hati-hati dan penerapan K3 harus tetap dilaksanakan,” katanya, Jumat 14 Februari 2020.

Baca: Dewan Pers: Soal Verifikasi, Humas Banyak Percaya Hoax

Sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero) Hutama Karya selaku pengembang Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) telah menyampaikan duka cita atas kecelakaan kerja yang menewaskan Aprianto Manik yang merupakan pekerja subkontraktor PT Grant Surya Pondasi (GSP) tersebut.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan, bahwa sebelumnya PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor pelaksana pembangunan jalan tol ini telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib dan bersama-sama telah melakukan investigasi lebih lanjut.

Baca: Seorang Pekerja di Tol Pekanbaru-Dumai Tewas dalam Sebuah Kecelakaan Kerja

“Namun sebelum inspeksi tersebut dilakukan, alat di-setting oleh korban dan terjadilah kejadian yang tidak diinginkan tersebut,” jelas Fauza di Pekanbaru.¬†(bpc3)