Skenario “Escape” Kerusuhan di KPU Oleh Pasukan Gultor TNI

Sabtu, 18 Mei 2019 09:51
Skenario “Escape” Kerusuhan di KPU Oleh Pasukan Gultor TNI

BERTUAHPOS.COM – Skenario “escape” antisipasi kerusuhan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) diperagakan oleh Satuan Penanggulangan Teror TNI dalam rangkaian latihan pengamanan pengitungan suara Pemilu 2019. Latihan ini dilakukan oleh Prajurit TNI di Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat, kemarin.

Dilansir dari viva.co.id, latihan ini diperagakan langsung di depan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan jajarannya. Panglima TNI ketika itu juga didampingi Pangdam Jaya, Mayjen TNI Eko Margiyono.

Latihan pengamanan itu juga memperagakan terjadinya sebuah insiden kerusuhan di Kantor KPU, Menteng, Jakpus. Dimana massa yang tengah melakukan aksi unjuk rasa rusuh pada saat penghitungan hasil perolehan surat suara secara nasional.

Satuan Gultor TNI tiba di kantor KPU dengan menggunakan Helikopter Caracal milik TNI AU untuk menyelamatkan anggota KPU dan dokumen serta server hasil penghitungan suara. Personel dan materiil KPU tersebut diamankan ke suatu tempat yang telah ditentukan.

Baca: Oknum Dinkes Kampar Pungut Uang Pelicin Untuk Loloskan PNS

Latihan Pengamanan ini merupakan implementasi dari Tactical Floor Game (TFG) pengamanan Tahap Penghitungan Suara Pemilu  Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Mabes TNI pada Kamis, 16 Mei 2019.

TFG ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi pada proses penghitungan suara, dengan mengerahkan personel dan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) di tiga matra TNI, AD, AL dan AU. (bpc3)

Â