Selama Ramadhan, BAZ Riau Kumpulkan Zakat Mal Rp1,8 Miliar

Selasa, 23 Juli 2013 08:41
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Selama bulan Ramadhan hingga memasuki pekan kedua ini, Badan Amil Zakat (BAZ) Riau sudah mengumpulkan zakat mal (harta) sebesar Rp1,8 miliar. Seluruh zakat ini nantinya akan diberikan kepada yang berhak menerimanya untuk seluruh kabupaten/kota di Riau.
 
Ketua BAZ Riau Drs H Auni M Noor kepada wartawan beberapa waktu lalu mengatakan, jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah zakat mal yang dihimpun BAZ Riau tahun ini mengalami peningkatan. Tahun lalu jumlahnya hanya mencapai Rp1,2 miliar.
 
Dia mengatakan, zakat mal ini umumnya dikumpulkan dari SKPD Pemprov Riau serta para pejabat dan masyarakat. Beberapa hari lalu Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit, dan Sekdarov Riau Zaini Ismail telah menyerahkan zakat mal-nya ke BAZ Riau.
 
Disebutkannya, zakat yang terkumpul itu nantinya akan diserahkan ke kabupaten/kota masing-masing Rp100 juta, sehingga di harapkan daerah dapat menyalurkan kepada yang berhak. Selain itu digunakan juga untuk keperluan lain seperti beasiswa mahasiswa kurang mampu dan lainnya.
 
M Noor mengajak seluruh masyarakat yang belum mensucikan hartanya melalui zakal mat agar dapat membayarkan langsung ke BAZ di wilayahnya. Untuk yang di Pekanbaru bisa datang langsung ke Sekretaris BAZ Riau di Komplek Agung Annur, Pekanbaru. 
 
(riau.go.id)