Selama Dua Bulan, Jasa Raharja Beri Santunan Kecelakaan Rp 5,7 M

Senin, 14 Maret 2016 16:37

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Kepala Jasa Raharja cabang Riau Isman mengatakan, pihaknya dalam dua bulan terakhri, telah memberikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas sebanyak Rp 5,7 miliar.

Dirinya menambahkan, jika dibandingan pada periode yang sama di tahun 2015 lalu, terjadi kenaikan 1,5 persen. Selain itu, jika dilihat dari bulan januari 2016 ini sendiri, telah terjadi kenaikan Rp. Rp.274.785 000 dibanding dengan bulan Januari di tahun 2015 lalu.

“Ini bukan berarti tingkat kecelakaan juga ikut naik, yang kita bayarkan disini bukan hanya kecelakaan lalu lintas di Provinsi Riau, tapi orang Riau yang kecelakaan ditempat lain. Untuk ahli waris sendiri jika masih berada di Riau, maka kita berhak membayarnya,” jelas Isman.

Selain itu, untuk menekan angka kecelakan di jalan raya, maka Jasa Raharja Cabang Riau turutu melaksanakan pendidikan kilat (Diklat) kepada 40 pengemudi angkutan umum  tahun 2016. Kegiatan ini sendiri diikuti oleh pengemudi angkutan yang ada di Riau.

Baca: Aksi 112, Istiqlal Terus Dijejali Umat

 “Dengan diadakannya diklat ini, kami memang mengharapkan agar peserta diklat ini kedepannya lebih banyak dari yang sekarang. Karena semakin banyak yang dididik semakin menciptkan suasana lalu lintas yang nyaman terutama di Riau,” katanya lagi.

Ketika ditanya bahwa kegiatan diklat ini kedepannya akan dibantu oleh APBD Riau, dirinya menyambut baik hal terse but. “Untuk masalah itu tentu kewenangan pemerintah dan jika ada yang kita kolaborasikan kenapa tidak,” sambungnya.

Kata Isman, pemateri pelatihan ini terdiri dari pihak Jasa Raharja, Ditlantas Polda Riau dan pihak Organisasi Angkutan Darat (Organda). Diklat yang dilaksanakan dua hari tersebut akan membahas tentang etika berlalu lintas, bagaimana cara membuat SIM dan materi lainnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Riau Rahmad Rahim sendiri mendukung kegiatan ini untuk diadakan kedepannya. “Kegiatan ini merupakan inisiasi PT Jasa Raharja Persero yang mengadakan diklat bagi pengemudi angkutan umum, kita dari Dinas Perhubungan mendukung penuh kegiatan ini,” katanya.

Dengan diikutsertakannya 40 peserta yang hadir pada acara tersebut, diharapkan nantinya menjadi pelopor untuk membagikan ilmu kepada pengemudi angkutan umum lainnya. Untuk pihaknya juga akan melakukan kerja sama dengan Jasa Raharja dan Ditlantas Polda Riau, agar diklat ini bisa dikembangkan.

Penulis: Iqbal